Sukses

Girboks Jebol, Begini Cerita Menarik Perjalanan Blits dari Surabaya ke Jakarta

Liputan6.com, Jakarta - Untuk mempersiapkan keikutsertaannya di reli dakar, mobil listrik garapan Institut Sepuluh Nopember (ITS) dan Universitas Budi Luhur (UBL), Blits bakal diuji berkeliling Indonesia. Perjalanan ini sendiri bakal menempuh jarak 15 ribu kilometer, dari Sabang hingga Merauke.

Sebelum berkeliling Indonesia, Blits sendiri sudah dibawa dari ITS Surabaya menuju UBL di Ciledug, Tangerang. Dalam perjalanan yang menempuh jarak kurang lebih 1.000 kilometer, mobil listrik dengan spesifikasi reli dakar ini sempat menemui kendala yang cukup membuat pusing.

Dijelaskan Direktur PUI-SKO ITS, Muhammad Nur Yuniarto, mulai dari Surabaya hingga sejauh 30 kilometer tidak ada masalah. Namun, pada 400 kilometer berikutnya, Blits mengalami kendala, girboks jebol, dan tetap dipaksakan jalan dengan kondisi girboks yang tidak sehat.

"Sampai Sragen mobil sudah tidak bisa jalan, karena girboks sudah rusak total. Akhirnya, kita towing dari Sragen ke Yogyakarta dan mampir ke bengkel Wahyu Lamban untuk memperbaiki yang rusak," buka pria yang akrab disapa Nur ini bercerita pengalaman perjalanannya ke Jakarta, di UBL, Senin (12/11/2018).

Lanjut Nur, di bengkel rekanannya tersebut, girboks Blits diperbaiki. Pemilik bengkel hanya menyediakan tempat, dan peralatan dan pengerjaan perbaikan dilakukan oleh tim ekspedisi.

"Akhirnya girboks kita ganti milik Toyota Alphard, transmisi otomatis. Dari Yogyakarta menuju Magelang, jalannya sangat rusak, kemudian menuju Semarang, dan akhirnya sampai di UBL, sebelumnya mampir di kantor pusat PLN Jakarta," imbuhnya.

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rute Blits Keliling Indonesia

Untuk diketahui, perjalanan berkeliling Indonesia, akan kembali dilanjutkan, Rabu 14 November 2018, dari UBL menuju Medan, Aceh, Sabang, Pontianak (Pulau Kalimantan), Sampit, Balikpapan, Samarinda, Makasar (Pulau Sulawesi).

Kemudian, perjalanan kembali dilanjutkan menuju Kendari, Manado, Ternate, Sorong (Papua), Manokwari, Jayapura, Marauke, Kupang, Labuan Bajo, Bima, Mataram, Bali, Banyuwangi, dan finish kembali di Surabaya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain

    Mobil Listrik

  • Blits