Sukses

12 Tips Berkendara Mobil Saat Malam Hari

Liputan6.com, Jakarta Mengemudi di malam hari adalah sebuah pilihan menguntungkan bagi sebagian orang. Mereka beralasan, berkendara saat malam hari lebih cepat karena kondisi jalanan lengang.

Namun begitu, tak sedikit juga yang malas berkendara di malam hari, karena mereka sudah merasa lelah selepas aktivitas harian. Kaitannya terhadap jarak pandang dan fokus mata.

Akan tetapi, berkendara malam hari nyatanya tak bisa dihindarkan. Apalagi kalau memang itu suatu keharusan ataupun tuntutan pekerjaan.

Adanya kasus mengemudi di malam hari, membuat situs Wuling Motors memberikan tips, agar perjalanan di malam hari aman dan lancar.

2 dari 3 halaman

Berikut tipsnya

1. Sebelum berangkat, pastikan kondisi mobil baik, terutama sistem penerangan alias lampu. Cek lampu sein, lampu rem, dan lampu depan mobil. Jika ada salah satu lampu yang tidak berfungsi, segera perbaiki. Ingat, lampu mobil amat vital bagi perjalanan malam hari.

2. Pastikan kondisi badan Anda fit dan cukup tidur. Sempatkan untuk tidur siang secukupnya.

3. Bawa teman dan usahakan jangan sendirian di mobil supaya Anda punya teman ngobrol untuk mengusir kantuk. Syukur-syukur teman Anda juga mahir mengendarai mobil sehingga bisa menyetir bergantian.

4. Pastikan memahami rute yang akan dilalui.

5. Jika baru pertama kali melalui rute jalan yang akan dilewati, lajukan mobil dengan kecepatan wajar. Ngebut di jalan yang baru pertama kali dilewati sangat besar risikonya. Kita belum paham letak tanjakan, turunan, tikungan, jalan berlubang, dan lain-lainnya.

 

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

6. Jika saat mengemudi lalu mengantuk, lakukan treatment yang bisa menghilangkan rasa kantuk.

7. Gunakan lampu jauh seperlunya saja. Penggunaan lampu jauh sangat sensitif sekali bagi pengendara dari arah yang berlawanan.

8. Kondisi jalan di malam hari biasanya relatif sepi, tapi tak boleh lengah dan kurang memperhatikan sekeliling.

9. Sadarilah bahwa pengguna jalan lainnya mungkin berperilaku tidak menentu, jadi bersiaplah untuk memberi lebih banyak ruang untuk mereka.

10. Jika menempuh perjalanan jauh, berhentilah secara rutin tiap 2 jam untuk mengistirahatkan mata.

11. Jaga etika dan aturan berkendara di jalan raya.

12. Jika sering melakukan perjalanan di malam hari, periksalah kesehatan mata secara rutin 

Artikel Selanjutnya
Anda Insomnia? Coba 5 Trik Ini Agar Tidur dalam Waktu 5 Menit
Artikel Selanjutnya
Kalau Tak Mau Celaka, Jangan Pernah Gunakan Jas Hujan Ponco