Sukses

Nissan Teana Terbaru Tebar Pesona di Thailand

Liputan6.com, Bangkok - Setelah lima tahun lamanya, Nissan Teana akhirnya mendapatkan penyegaran. Sayangnya penyegaran tersebut untuk pasar Thailand, bukan Indonesia. Update ini terbilang telat tiga tahun sejak penyegaran Altima tiga tahun lalu di Amerika Serikat. 

Dilansir dari situs Paultan, kami tangkap penyegaran terlihat dari bagian eksterior. Sedan segmen-D itu punya wajah baru. Grille dengan bahasa desain khas Nissan, V-Motion, kini bisa dijumpai pada Nissan Teana terbaru. Desain lampu depan utama LED direvisi sedikit lebih ramping. Sedang lampu siang hari, juga sudah LED memakai desain melengkung seperti bumerang. Itu menjadikan wajah Teana punya karakter lebih sporty.

Bagian samping dibekali pelek 18 inci berdesain two tone. Lekukan dan pahatan bodi, masih terlihat sama dengan Teana sebelum facelift. Sayangnya, bagian buritan tidak disentuh sama sekali, masih sama dengan sebelumnya. Ini jadi perbedaan dengan facelift pada Altima, yang mendapat desain lampu belakang baru dan revisi pada bumper.

Disayangkan juga, bagian interior tidak mendapat penyegaran. Nissan merasa cukup membenamkan fitur memori pada pengaturan elektrik jok pengemudi di semua lini varian, kecuali varian paling bontot 2.0 XE. Sektor jantung mekanis juga tak ada perubahan. Teana masih setia dengan mesin MR20DE, mesin 4-silinder 2,0 liter natural. Semburan tenaga 134 Tk pada 5.600 rpm dan torsi puncak 190 Nm pada 4.400 rpm. Opsi mesin lain juga sama, yakni QR25DE 4-silinder 2,5 liter dengan tenaga 170 Tk pada 6.000 rpm dan torsi 234 Nm pada 4.000 rpm. Kedua pilihan mesin sama-sama dipasangkan dengan transmisi kebanggaan manufaktur, X-tronic CVT seperti sebelumnya.

Penjamin keselamatan aktif dan pasif cukup signifikan. Teana baru mendapat fitur lane departure warning, blind spot monitoring, dan 360 derajat Around View Monitor dengan Moving Object Detection untuk varian 2.0XL, 2.0XL Navi dan 2.5XL Navi. Sisanya masih sama, termasuk enam kantung udara, ABS dengan EBD dan BA serta kontrol stabilitas.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Harga Nissan Teana baru ditawarkan mulai dari 1.336.000 baht Thailand atau sekitar Rp 600 jutaan untuk varian bawah 2.0XE. Varian atas Navi, dengan layar sentuh 7 inci lengkap dengan sistem navigasi, dibanderol lebih tinggi. Untuk Teana 2.0XL Navi harganya Rp 661 jutaan, sedang 2.5XV Navi yang termahal, Rp 752 jutaan.

Sementara di Indonesia kecil kemungkinan Nissan Teana turut disegarkan. Pasalnya, pasar sedan tanah air semakin tak bergairah, tak kecuali Teana. Faktor harga jadi salah satu pertimbangan Teana kurang populer di sini. Mengacu situs resmi Nissan Indonesia, harga Teana ditawarkan mulai dari Rp 602,9 juta. Nissan Motor Indonesia sendiri juga masih fokus pada SUV 7-seater baru Terra, sedang Teana seperti terlupakan begitu saja.

Sumber: Oto.com

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Begini Cara Komunitas Mobil Mengutamakan Ambulans di Jalan Raya
Artikel Selanjutnya
Perlukah Motor di Indonesia Wajib ABS?