Sukses

Cewek Juga Harus Pintar Merawat Mobil, Ikuti Langkah-Langkahnya

Liputan6.com, Jakarta - Ada yang menyebut kepribadian seseorang bisa dilihat dari cara merawat mobil. Mungkin kalimat ini tak sepenuhnya benar adanya. Sebab, jika mobil memang kotor, mungkin saja karena ia malas atau karena banyaknya kesibukan.

Namun begitu, mobil yang bersih dan terawat, tentu saja dapat memberikan kenyamanan bagi penghuni di dalamnya, baik pengemudi maupun penumpang.

Seperti dilansir Fimale kebersihan mobil yang harus selalu diperhatikan tentunya meliputi eksterior maupun interior.

Perlu dicatat, untuk membersihkan mobil tidak perlu mengandalkan orang lain. Sebab, Anda juga bisa melakukannya sendiri.

Bahkan, merawat mobil juga bisa dilakukan seorang ladies modern, dengan langkah-langkah yang sederhana seperti di bawah ini:

 

2 dari 3 halaman

1. Mencuci mobil

Mencuci mobil adalah langkah yang paling mudah untuk menjaga kebersihan mobil. Tujuannya adalah untuk menyingkirkan kotoran yang melekat pada bodi kendaraan.

Yang dibutuhkan untuk melakukannya sebenarnya hanyalah lap untuk mencuci dan mengeringkan bodi mobil juga air bersih. Tinggal kuatkan niat untuk rajin mencuci kendaraan kesayanganmu secara rutin.

2. Menjaga kebersihan body kendaraan dari jamur

Tindakan yang termasuk pencegahan ini harus rutin dilakukan. Kalau jamur sudah terlanjur membercak pada lapisan cat atau kaca, maka akan makin sulit membersihkannya.

Cara menghindari timbulnya jamur adalah dengan membuat mobil dalam keadaan kering setelah terkena hujan. Hindari juga penggunaan sarung mobil karena akan membuat mobil menjadi semakin lembab.

3. Bersihkan jok secara merata

Jok mobil yang terbuat dari berbagai bahan membutuhkan perawatan. Saat beberapa jenis material jok, seperti yang berbahan kain, tidak bisa terlalu sering terkena paparan zat kimia pembersih karena seratnya mudah rusak, maka jangan dipaksakan untuk terlalu sering membersihkannya.

Bersihkan jok dengan menggunakan kain kering, interior cleaner, sikat nylon hingga vacuum cleaner untuk membantu produk pembersih mengangkat kotoran di jok mobil.

4. Bersihkan doortrim

Doortrim memang cenderung mudah kotor. Doortrim biasanya dilapisi dengan plastik, karet, kulit sintetik hingga kain. Doortrim cenderung cepat kotor karena selalu bersentuhan dengan tangan.

Bersihkan secara pelan-pelan dengan cara yang sama untuk membersihkan jok.

 

3 dari 3 halaman

5. Jaga kebersihan kaca

Kebersihan kaca sangat penting karena sangat terkait dengan visibilitas bagi pengemudi. Umumnya, kaca menjadi kotor karena jamur atau water spot. Untuk membersihkannya, gunakan pembersih kaca dan lap kering. Mudah, bukan?

6. Perhatikan kebersihan ruang mesin

Kebersihan ruang mesin sangat penting karena dapat menghindarkan kendaraan dari insiden akibat deteksi dini saat melakukan pembersihan.

Namun berhati-hatilah saat membersihkannya agar tidak ada komponen yang tercabut, tersenggol atau terlepas karena dapat menimbulkan kerusakan. Untuk kotoran yang sudah menempel cukup kuat, gunakan engine degreaser.

7. Bersihkan bagasi

Karena fungsinya hanya untuk menyimpan barang, terkadangbagasimenjadisangatjarang diperhatikan atau dibersihkan.

Padahal dengan menjaga kebersihan bagasi, maka mobil akan terhindar dari kemungkinan timbulnya jamur atau karat.

8. Bersihkan kolong sepatbor

Selain rutin membersihkan ban dan pelek, menjaga kebersihan sepatbor akan menghindarkan mobil dari potensi terkena karat.

Saat membersihkannya, kamu harus sekaligus memeriksa kondisi kaki-kaki mobil dengan melihat adanya rembesan oli dari shockbreaker.

Buat kamu yang tergolong perempuan aktif (dan biasanya menjadikan mobil sebagai tempat penyimpanan untuk pakaian, sepatu, box plastik berisikan berbagai jenis barang, bahkan bantal) aktivitas yang padat membuat Anda harus pintar-pintar menyiasati bagaimana memaksimalkan waktu yang ada.

Jika tidak pandai-pandai menyusun letak barang-barangmu, bisa-bisa mobilmu hanya penuh oleh barang saja.

 

Artikel Selanjutnya
Hapus Noda Krayon... Ini 10 Cara Pakai Mayones yang Tak Banyak Orang Tahu
Artikel Selanjutnya
Dua Komponen Ini Wajib Diperhatikan Saat Hujan