Sukses

Valentino Rossi Masih Ragu dengan Ubahan Motornya?

Liputan6.com, Jakarta - Valentino Rossi tampil memukau saat sesi latihan bebas MotoGP di sirkuit Buriram, Thailand, Jumat (5/10). Hal ini disebutkan karena Yamaha telah melakukan perubahan yaitu menggunakan fairing terbaru.

Fairing yang disebut Double Fairing itu tampak mencolok, dua rel ganda dengan warna hitam menempel langsung dari fairing aslinya.

 

Meski positif, Rossi masih merasa tidak yakin. Pembalap Italia itu belum menentukan apakah akan melanjutkan menggunakan fairing baru Yamaha pada sesi latihan bebas motoGP selanjutnya. 

“Saya tidak tahu apakah akan terus menggunakannya atau tidak karena ini sangat-sangat mirip dengan versi winglet lama,” ujar Rossi. 

Seperti diketahui, menggunakan winglet pada balap motoGP sah-sah saja, asalkan kemiringannya tidak lebih dari 90 derajat.

Akan tetapi, perangkat downforce masih boleh digunakan selama winglet terhubung ke dalam fairing. 

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Dalam praktiknya, memang ada beberapa bentuk winglet yang menempel pada fairing. Namun Yamaha adalah pabrikan pertama yang memiliki model winglet tersusun.

Akan tetapi, saat ini belum diketahui apakah fairing baru Yamaha bakal memenuhi persyaratan yang ketat di musim mendatang. 

Seperti diketahui, double wings telah digunakan pada balapan akhir pekan. Adapun desain double wing terbaru Yamaha ini telah disetujui oleh Direktur Teknik Yamaha Danny Aldrige.

Sayap baru itu juga diharap bisa menyelesaikan permasalahan yang selama ini dikeluhkan The Doctor selama musim balap MotoGP 2018. . 

Tak hanya Rossi, rekan setimya Maverick Vinales juga bakalan menjajal double wing terbaru, yang diharap pemasangannya dapat membantu ban belakang agar tidak wheelie saat berakselerasi diawal.