Sukses

Tak Banyak yang Tahu, Ini Mobil Porsche Bergaya Militer

Jauh sebelum dikenal sebagai produsen mobil sport premium, Porsche ternyata pernah memproduksi mobil bergaya militer.

Liputan6.com, Jakarta - Jauh sebelum dikenal sebagai produsen mobil sport premium, Porsche ternyata pernah memproduksi mobil bergaya militer.

Melansir Autoindustriya, mobil model militer itu bernama Porsche 597 Jagdwagen. Mobil yang berasal dari Porsche yang masih sederhana itu menambah rekam jejak sejarah Porsche.

Mobil ini dibangun untuk tentara Jerman pada awal 1950-an. Porsche 597 Jagdwagen diproduksi menggunakan konsep bodi monocoque dan sistem penggerak switchable all-wheel drive.

Mobil ini didesain untuk segala jenis medan, baik darat maupun air dan dimaksudkan untuk memiliki kapasitas beban tinggi sebagaimana ditentukan oleh militer.

597 ini didukung oleh mesin flat-four versi modifikasi yang ditemukan di 356 pada saat itu. Mesin ini mengirimkan tenaga ke roda belakang melalui girboks manual 4-percepatan.

Menggunakan penggerak roda depan yang dapat diganti, 597 memiliki perbedaan sebagai kendaraan all-wheel drive pertama di Porsche.

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Dengan berat 870 kg, 579 sanggup mencapai kecepatan puncak 100 km/jam dengan tenaga 50 PS. Sedangkan kemampuan off-road, 597 mampu melibas 65 persen tanjakan menggunakan 1.000 rpm.

Menyeberang sungai bukanlah masalah bagi 597, karena bodinya bisa mengapung berkat bodi monocoque.

Total, Pabrikan Jerman yang berusia 70-an tahun ini pernah memproduksi 71 unt 597 Jagdwagen. Hingga kini masih ada 50 unit yang masih eksis.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.