Sukses

Tahukah Anda, Touring Mobil Pertama Kali di Dunia Dilakukan oleh Wanita

Pengendara pertama di dunia yang berhasil melakukan perjalanan jauh adalah seorang wanita.

Liputan6.com, Jakarta - Mengendarai sebuah kendaraan, seperti mobil dan motor memang identik dengan laki-laki. Terlebih, jika ada hubungannya dengan mobil mewah performa tinggi berharga selangit, seperti Mercedes-Benz.

Namun ternyata, pengendara pertama di dunia yang berhasil melakukan perjalanan jauh adalah seorang wanita. Adalah Bertha Benz yang merupakan istri dari Karl Benz, yang tidak lain adalah penemu mobil asal Jerman tersebut.

Dilansir Autoevolution, Senin (10/9/2018), perjalanan bersejarah ini dilakukan oleh Bertha dan dua orang putranya pada 1888. Menggunakan Benz Patent-Motorwagen Model III bikinan sang suami, wanita hebat ini berkendara dari Mannheim ke Pforzheim, tempat tinggal sang ibu sejauh 106 km.

Sejatinya, perjalanan bersejarah yang dilakukan Bertha ini tidak diketahui sang suami. Menelusuri jalan dengan mengikuti jejak gerobak, terkadang Bertha dan dua anaknya, Richard dan Eugen harus mendorong mobilnya ke atas bukit karena mesin mobilnya tidak kuat.

Bertujuan untuk membuktikan ketangguhan mobil buatan sang suami, Bertha sejatinya menemui banyak masalah mekanis saat perjalanan. Mulai dari saluran bahan bakar yang tersumbat, rantai mobil putus, kerusakan bantalan rem, dan air radiator yang cepat menguap.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Setelah banyak melakukan perbaikan di sepanjang perjalanan, akhirnya Bertha sampai di rumah ibunya dan kemudian kembali beberapa hari kemudian.

Perjalanan ini, sebenarnya tidak terlalu berpengaruh terhadap penjualan Paten-Motorwagens yang hanya laku 25 unit dalam 5 tahun. Namun, tidak bisa dipungkiri, perjalanan ini yang mengubah dunia terkait industri otomotif, khususnya Mercy.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.