Sukses

Pentingnya Anti Karat untuk Mobil Baru, Ini Alasannya

Karat seperti penyakit manusia, kanker. Sudah sembuh tapi nanti balik lagi dan timbul di tempat lain.

Liputan6.com, Jakarta - Karat, jadi salah satu musuh yang patut dihindari para pemilik kendaraan. Sebab, jika dibiarkan terlalu lama, karat akan menggerus atau membuat material logam menjadi korosi.

Bahkan menurut Hendrik Susilo, Manager Marketing PT Terang Parts Indonesia (pelapis anti karat merek Protera), meski mobil baru keluar dari pabrikan, maka penggunaan anti karat sangatlah penting.

“Karena jika belum diberi pelapis anti karat, kalau sudah berkarat perbaikannya susah. Jadi kalau kita perbaiki di satu sisi, maka akan merembet di sisi lain,” ujar Hendrik saat ditemui Liputan6.com, Sabtu (4/8/2018).

Hendrik juga menyatakan, munculnya karat tidak bisa terdeteksi. Sebab, karat bisa datang dari sudut-sudut yang tak terkira, seperti kolong mobil, sepatbor, atau sela pintu.

“Seperti penyakit manusia, kanker. Sudah sembuh tapi nanti balik lagi dan timbul di tempat lain. Jadi, lebih baik mencegah sebelum sampai terjadinya karat. Kalau sudah terjadi sulit diperbaiki hingga sampai tuntas,” ungkapnya.

Dia menyampaikan, jika mobil terkena karat dan telat melapisi anti karat, maka yang akan terjadi adalah karat itu segera menempel di bagian lainnya.

"Contoh, pintu depan kena karat, oke kita ganti full baru yang terkena karat, tapi enggak nutup kemungkinan sudah dari depan merembet ke belakang pintu belakang juga nantinya terkena karat," terangnya.

Fungsi pelapis anti karat ternyata bisa juga meminimalisir kebisingan di dalam kabin. Artinya, penggunaan anti karat mirip sebagai peredam.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Memilih Pelapis Anti Karat

Pelapis anti karat memang sudah banyak di pasaran. Salah satu yang kini masih eksis dan terus melakukan inovasi adalah pelapis anti Protera.

Kata Hendrik, Protera telah menjadi partner beberapa agen tunggal pemegang merek di Tanah Air. Karena itu, untuk memilih menggunakan pelapis anti karat, ada baiknya perhatikan kelebihannya.

“Kelebihan Protera mengadopsi material yang lebih cepat kering dalam pengaplikasiannya di mobil yaitu menggunakan solvent,” jelas Hendrik.

Dia menyatakan, anti-karat Protera tidak membuat bau sangat lama dari merek anti karat pada umum. Sebaliknya, lama baunya hanya seminggu.

“Sifatnya fleksibel atau lentur, jadi kalau terkena tubruka dia akan lentur. Selain itu kita juga tahan panas, cepat kering, sehingga langsung kena air hujan deras dia bisa langsung awet,” tuturnya,

Pelapis anti karat ini juga diklaim tahan hingga delapan tahun dengan garansi selama lima tahun.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.