Sukses

5 Penyebab Asap Putih pada Knalpot Mobil

Liputan6.com, Jakarta Asap yang dikeluarkan mesin melalui knalpot bisa menandakan kendaraan sedang bermasalah. Tidak hanya asap hitam, asap putih juga menjadi pertanda.

Atau masih ada yang berpikiran bahwa asap berwarna putih berarti pertanda baik dari mesin? Apakah benar begitu?

Dilansir dari Nissan Indonesia, ada dua jenis asap putih yang keluar dari knalpot, asap putih tipis dan asap putih tebal.

Jika mobil Anda mengeluarkan asap putih tipis, jangan buru-buru khawatir. Sifatnya hanya sementara dan akan hilang dengan sendirinya karena asap putih ini timbul akibat kondensasi, terutama di tengah udara dingin.

Lain halnya jika knalpot mengeluarkan asap putih tebal yang bisa jadi diikuti salah satu atau beberapa hal seperti, bau gosong cairan terbakar, suara knocking atau ticking, getaran mesin berlebihan, suhu mesin cepat panas, dan oli mesin cepat habis.

 

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Hal-hal seperti itu menandakan kamu harus bersiap-siap menggali kocek lebih dalam untuk biaya perbaikan. Ada beberapa kemungkinan penyebab asap putih tebal yang keluar dari knalpot yang patut dicermati :

1. Mobil Sudah Berumur

Gejala asap putih tebal seringkali ditemukan pada mobil-mobil berusia di atas tujuh tahun. Semakin tua mobil memang semakin banyak bagian-bagian mesin yang harus diperbaiki.

2. Air Coolant Terbakar Mesin

Kemungkinan disebabkan oleh kerusakan packing head, silinder head, atau keretakan pada blok mesin.

3. Bore Silinder dan Ring Piston Aus

Anda wajib mengganti piston dengan yang baru dan bore silinder pun harus di-over-size.

4. Kerusakan pada PC Valve

Tugas PC Valve adalah menghisap uap panas dari mesin ke intake manifold. Bila terjadi kerusakan maka uap oli akan terhisap intake manifold.

5. Seal Valve Bermasalah

Bagian ini mencegah oli masuk ke ruang pembakaran. Kerusakan pada komponen ini memungkinkan oli ikut terbakar.

Komponen-komponen penyebab asap putih tebal sebenarnya berada di dalam blok mesin, jika hal ini terjadi kemungkinan mobil mengalami turun mesin. Meskipun biaya yang dikeluarkan nantinya tak sedikit, demi keselamatan selama perjalanan segera lakukan perbaikan.

Sumber : Otosia.com

 
3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Perbedaan Karakter Single dan Twin Suspension pada Motor
Artikel Selanjutnya
Begini Cara Melahap Tanjakan Pakai Mobil Matik