Sukses

Pentingnya Memperhatikan Kondisi Karet Kaca

Liputan6.com, Jakarta - Setiap kendaraan wajib mendapatkan perawatan secara berkala agar selalu dalam kondisi prima. Perawatan tidak melulu fokus pada mesin ataupun tampilan eksterior maupun interior.

Komponen-komponen lain yang sering dianggap sepele pun harus diperhatikan. Salah satunya komponen kecil seperti karet kaca mobil.

Komponen ini akan menentukan kenyamanan Anda berkendara, apalagi di saat menghadapi kondisi cuaca hujan. Soalnya, seiring waktu karet ini akan mengalami penurunan kualitas. Dampaknya pun beragam, mulai dari munculnya kebocoran hingga kerusakan komponen elektrik.

Ya, dilansir dari carid.com, karet yang sudah tidak baik kondisinya akan membuat kaca mobil sulit untuk bergerak atau seret.

Jika dibiarkan terus menerus akan menyebabkan kerusakan motor power window. Selain itu, air yang masuk ke dalam kabin karena kebocoran juga berisiko menyebabkan kerusakan komponen elektrik mobil.

 

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Oleh karena itu, pastikan karet kaca berada dalam kondisi baik dengan memperhatikan beberapa hal.

Jika terdapat retakan, berarti karet kaca sudah getas. Biasanya hal ini membuat jendela jadi sulit dibuka atau air masuk ke dalam kabin.

Gejala lainnya yakni timbul suara angin (wind noise). Kondisi tersebut jangan dibiarkan terlalu lama karena akan menyebabkan kebocoran lebih besar.

Sumber: Otosia.com

Loading
Artikel Selanjutnya
Jangan Sembarangan, Pilih BBM Wajib Perhatikan Kompresi Mesin
Artikel Selanjutnya
Solusi Atasi Rantai Motor Berisik di Musim Hujan