Sukses

Lakukan Ini Supaya Rantai Berumur Panjang

Rantai menjadi salah satu jenis penyalur tenaga mesin ke roda sepeda motor yang populer digunakan.

Liputan6.com, Jakarta - Rantai menjadi salah satu jenis penyalur tenaga mesin ke roda sepeda motor yang populer digunakan. Komponen ini biasa digunakan oleh motor bertransmisi manual baik itu model bebek maupun tipe sport.

Namun, part ini terbilang cukup manja. Karena terletak di luar, rantai menjadi udah kotor sehingga diperlukan perawatan.

Jika tidak, kemungkinan rantai putus menjadi lebih besar. Bahkan, sekalipun dirawat, penyalur tenaga dari mesin ke ban ini tetap bisa putus secara tiba-tiba.

Dilansir dari situs instagram @yamahaindonesia, setidaknya ada tiga perawatan yang salah dan berpotensi menimbulkan rantai putus.

Pertama ialah tidak menggunakan sikat khusus rantai. Penggunaan alat pembersih sembarangan dapat merusak komponen pada rantai. Terlebih jika rantai memiliki seal berbahan karet.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Membersihkan rantai dengan air juga tidak dianjurkan. Pasalnya, air dapat melunturkan pelumas sehingga pergerakannya menjadi kasar.

Yang ketiga ialah melumasi rantai dengan oli mesin. Hal ini kerap dilakukan oleh sebagian besar pemilik sepeda motor.

Padahal, oli mesin membuat debu menempel sehingga rantai lebih cepat aus dan akhirnya putus karena gesekan benda asing.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini