Sukses

Jangan Kaget, Mobil Monster Ini Punya Bobot 5 Ton

El Toro Loco merupakan mobil yang bertanding di ajang balap Advance Auto Parts, Monster Jam. Tampil di area Wheel of Giant, dan cukup menjadi bintang di IIMS 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Tidak hanya memamerkan mobil dan motor baru, gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 juga banyak menghadirkan mobil eksebisi. Salah satunya, truk monster asal Amerika Serikat, bernama el Toro Loco.

El Toro Loco merupakan mobil yang bertanding di ajang balap Advance Auto Parts, Monster Jam. Tampil di area Wheel of Giant, dan cukup menjadi bintang dengan dijadikan obyek foto dan selfie pengunjung di pameran yang berlangsung di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, 19 hingga 29 April 2018.

Mobil ini sendiri diproduksi oleh SFX dan PACE Motorsport pada 2002, dan merupakan salah satu monster pertama yang memakai rangka bodi 3D dengan tanduk diatas atapnya, mirip dengan banteng.

Desain awalnya dibuat untuk Bulldozer, namun ternyata dipakai untuk El Toro Loco. Sejak 2012, tim balap El Toro Loco punya 4 truk. Desain bodi keempatnya sama, namun tiap kendaraan punya sasis yang unik dan berbeda.

"Untuk mesinnya menggunakan basis Chevrolet V8 berkapasitas 8.800 cc. Namun, untuk yang dipamerkan ini sudah down grade agar bisa minum bensin, karena aslinya bahan bakarnya alkohol," jelas Dan Evans, Builder El Toro Loco, saat ditemui di gelaran IIMS 2018, belum lama ini.

Dengan mesin tersebut, Banteng Edan ini memiliki daya sebesar 1.000 Tk. Untuk aslinya, mobil monster ini bisa menghembuskan daya hingga 1.600 Tk. Saat melakukan aksinya, El Toro Loco menghabiskan 30 sampai 35 liter alkohol untuk bermain selama 12-15 menit.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Dengan dimensi yang besar, mobil ini memiliki bobot hingga 5 ton. Salah satu penyumbang bobot terbesarnya, adalah ban yang berukuran 66 inci dengan berat 350-400 kg untuk satu ban.

Untuk kabinnya, El Toro Loco hanya memiliki satu kursi pengemudi, dengan lantai yang terbuat dari akrilik bening. Masalah keamanan tidak perlu diragukan, karena mobil ini dilengkapi sabuk pengaman 7 titik untuk pengemudi.

Selain itu, terdapat juga fitur remote control, yang dapat mematikan mesin dari luar sebagai antisipasi jika mobil terbakar saat melakukan show.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini