Sukses

Sokon Glory 580 dan Honda CR-V, Pilih Mana?

Liputan6.com, Jakarta - Bertepatan dengan pemeran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 di Jakarta International Expo (JIExpo), Jakarta, PT Sokonindo Automobile akhirnya merilis produk pertamanya di Indonesia yaitu, Glory 580.

Sempat banyak yang mengira, desain dan tampang mobil berdarah Cina ini memiliki tampilan mirip dengan sebuah SUV dari Honda yaitu C-RV.

Meski demikian, tentu saja jika melihat secara detail mobil akan jauh berbeda dengan CR-V, mulai dari bentuk, harga dan yang lainnya.

Menurut Alexander Barus, CO-CEO of PT Sokonindo Automobile semua hal yang dibuat oleh Sokonindo pada Glory 508  berdasar pada nilai ‘Semua Untuk Pelanggan’.

“Dengan keunggulan teknologi berplatform global milik kami, Glory 580 tersedia bagi kaum elit perkotaan di Indonesia. Di masa depan, DFSK akan menjadikan teknologi cerdas sebagai arah pengembangan GLORY 580, menjadikannya model SUV baru yang lebih berkualitas dan dapat diandalkan,” klaim Alexander saat acara pembukaan IIMS 2018 di hall D, JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Kamis (21/4/2018).

Nah, berikut ini Liputan6.com akan sedikit mengulas Glory 508 dan Honda C-RV, yang katanya mirip.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sokon Glory 580

Tak sedikit masyarakat di Indonesia masih meragukan mobil buatan negeri Tirai Bambu. Namun begitu beberapa teknologi terkini dianggap telah dikembangkan dan diterapkan pada Glory 580.

Satu yang harus diingat, meski dibuat di Kawasan Industri Modern Cikande, Serang, Banten, namun Glory 580 diklaim telah menggunakan platform R&D multinasional, seperti di Amerika Serikat, Jerman, Jepang dan Cina.

Desain mobil ini disebut cukup stylish karena memenuhi selera global, sekaligus pengembangannya dianggap dapat memuaskan kebutuhan pengguna dari Indonesia.

Secara desain, pabrikan ini memberikan sejumlah filosofi pada sudut-sudut Glory 580, seperti grill depan dianggap memberikan tampilan impresif layaknya matahari yang terbit dari garis lautan.

Kemudian, lampu utama eagle-eye merefleksikan desain modern. Desain keseluruhan dari samping berpusat pada tiga garis utama yang berorientasi maju dan terfokus pada lekukan rodanya. Elemen di bagian lampu belakang menampilkan teknologi LED dalam bentuk batu permata.

SUV perkotaan tujuh penumpang ini dilengkapi ruang bagasi ekstra besar dan lebih dari 30 ruang penyimpanan individual. Mobil ini juga telah disematkan smartkey, electric sunroof, dan tire pressure monitoring system.

Mobil ini juga memiliki keselamatan bintang lima, serta lebih dari 200 titik kendali kebisingan dan getaran (NVH).

Glory 580 juga dilengkapi dengan sistem Lin OS system, yang akan memberikan respon cepat dalam mengenali suara dan semantic serta teknologi kontrol. Teknologi ini dapat memberikan 40 fungsi seperti voice control, remote control, dan entertainment, serta lainnya.

Sokon Glory 580 menawarkan dua jenis mesin 1.8 liter dan 1.5 serta tranmisi manual, atau transmisi otomatis CVT. Untuk mesin 1.8 mampu menghasilkan daya 137 Tk dan torsi 187 Nm.

Sementara untuk mesin 1.5 dikombinasikan dengan turbo sehingga dapat menghasilkan daya hingga 148 Tk.

Yang menariknya, harga mobil ini ternyata tergolong lebih murah di kelasnya, karena dijual dengan rentang harga Rp 220 - 350 juta.

3 dari 3 halaman

Honda C-RV

Jika menyoal mobil Honda CR-V, maka mobil ini salah satu pemain lama yang ada di Indonesia. Nah, pada IIMS 2017, Honda CR-V telah masuk dalam generasi kelima dengan perubahan yang cukup signifikan. 

Adapun Honda CR-V ini telah mengadopsi bagiam cukup mencolok dari versi sebelmnya seperti full LED headlight dengan LED DRL, foglamp LED, wide fender, pelek alloy berukuran 18 inci, tailgate spoiler, shark fin antenna, rear wiper, dan lampu belakang LED light bar.

Sementara itu, untuk interior sudah dilengkapi dashboard dengan wood panel, dual zone auto AC, leather wrapped shift knob, hands free telephone switch, audio steering switch, cruise control, one push ignition system, setir dengan tilt dan telescopic, delapan speaker, modern meter cluster dengan multi information LCD, dan konsol tengah dengan panel kayu.

SUV tujuh penumpang ini juga dilengkapi fitur keselamatan seperti enam airbags untuk tipe 1.5L Prestige, sementara tipe 1.5L turbo dan 2.0L masih dilengkapi dual SRS airbags, emergency stop signal, hill start assist, ABS, EBD, BA, dan VSA.

Untuk jantung pacunya, model 1.5L Turbo dipersenjatai dengan mesin DOHC 1,5 liter  VTEC turbo, empat silinder segaris, 16 katup VTEC Turbo dan DBW. Mesin ini mampu mengembuskan daya hingga 188 Tk dengan torsi 240 Nm.

Untuk model 2.0L, dipersenjatai dengan mesin SOHC i-VTEC berkapasitas 2,0 liter, empat silinder segaris, 16 katup. Mesin tersebut mampu mengembuskan daya 151 Tk pada 6.500 rpm, dengan torsi maksimum sebesar 189 Nm pada 4.300 rpm.

All New Honda CR-V dilengkapi dalam tujuh pilihan warna, crystal black pearl, modern steel metalic, lunar silver metallic, white orchid pearl, passion red pearl, dan deep ocean blue, serta dark olive metallic.

All new Honda CR-V hadir dalam tiga varian berbeda, yaitu All New Honda CR-V 2.0L, 1.5L Turbo, dan CR-V 1.5L Turbo Prestige. Untuk harganya, All New Honda CR-V dilepas mulai Rp 434 juta sampai Rp 508 juta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini