Sukses

Alasan Kaca Mobil Gunakan Jenis Tempered

Hampir semua jenis mobil menggunakan kaca tempered. Kaca jenis ini dipilih karena banyak keuntungannya.

Liputan6.com, Jakarta - Hampir semua jenis mobil menggunakan kaca tempered. Kaca jenis ini dipilih karena banyak keuntungannya.

Sekadar informasi, nama "tempered" dipakai karena kaca tersebut dibuat dengan dipanaskan lalu didinginkan secara tiba-tiba.

Tempered glass, menurut Anjar Rosjadi, Executive Coordinator Technic Service Division PT Astra Indonesia Motor, bagus dalam hal kekuatan, daya tahan terhadap panas, dan keamanan.

Karena efek dari proses pembuatannya, pecahannya akan berbentuk kecil dan tidak tajam.

"Kalau pecah, jadinya merutul-merutul kayak tetesan air. Tidak ada ujung yang tajam," kata dia.

Dengan begitu, saat terjadi kecelakaan, tubuh pengemudi ataupun penumpang tidak terkena bagian yang tajam.

Lalu meski semua bagian menggunakan kaca jenis ini, hanya bagian depan yang khusus disertai proses pelapisan atau laminated.

"(Depan) laminated, dia akan tetap retak, tetapi dia retaknya tetap akan menempel, ada yang lengket, ada lapisan filmnya," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Lantas kenapa mobil-mobil pada umumnya menggunakan kaca tempered di sisi kanan-kiri dan belakang, sementara di depan laminated? Kenapa tidak semua diberi laminasi?

"Samping sama belakang sama (tempered) karena kalau semua kaca modelnya laminated enggak bisa dipecahin, kita mau keluar dari mana (saat terjadi kecelakaan)?" ujarnya.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini