Sukses

Hindari Tabrakan Beruntun, Begini Pengereman yang Benar

Kejadian yang tak terduga pasti pernah dialami pengendara mobil. Salah satunya saat pengemudi mengerem mendadak dan akhirnya mengalami tabrakan beruntun.

Liputan6.com, Bogor - Kejadian yang tak terduga pasti pernah dialami pengendara mobil. Salah satunya saat pengemudi mengerem mendadak dan akhirnya mengalami tabrakan beruntun.

Untuk menghindari hal tersebut, Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, mengatakan, pengendara harus melihat situasi di sekitarnya saat melakukan pengereman.

"Jadi tidak hanya ngerem, kita juga harus memikirkan akan mau bawa kendaraan ini ke mana. Sekarang kan kendaraan banyak fitur keamanan bagus seperti ABS atau EBD. Nah ini diciptakan bukan hanya memikirkan ngerem saja, tapi tindak selanjutnya dari ngerem itu bagaimana. ABS-kan membuat mobil stabil, sedangkan jarak remnya dengan mobil konvensional itu sama," kata Sony di sela acara safety driving bersama Suzuki di Sentul, Rabu (28/3/2018).

Menurutnya, hal yang terpenting agar tak mengerem secara mendadak yakni harus menjaga jarak. Namun saat melakukan pengereman, setir tidak boleh goyang atau sampai banting setir.

"Kita butuh waktu untuk menghindar. Tapi saat kita melakukan panic braking atau emergency braking, mobil harus lurus. Menghindarlah pada saat kecepatannya bisa dikuasai. Kalau kita menghindar di kecepatan tinggi, yang terjadi adalah selip, yawing dan sebagainya," kata Sony.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Saat menghindar pengemudi harus langsung melihat kaca spion, harus ke arah mana yang sekiranya aman. 

"Lihat juga mobil depan menghindar ke mana," ujarnya.

Teknik rem juga tergantung pada mobilnya. Jika mobil yang tanpa ABS, ada dua teknik pengereman.

"Mobil non ABS itu ada teknik pulse dan threshold. Threshold ga akan bisa dilakukan kalau panik, harus tenang itu. Jadi harus pulse yang pelan-pelan 'tap tap tap', itu aman. Kalau teknologi mobilnya canggih ya rem sekali aja," pungkasnya.

Sony menyarankan agar pengendara bisa menjaga jarak aman dari mobil depan ketika melaju. Sehingga begitu mobil di depan Anda melakukan rem mendadak, Anda masih bisa menghindar, antisipasi, serta memberikan informasi kepada mobil belakang Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.