Sukses

Mobil Pedesaan Akan Meningkatkan Perekonomian Desa

Kementerian Perindustrian menindaklanjuti munculnya mobil pedesaan melalui program pengembangan Kendaraan Pedesaan atau yang disebut Alat Mekanisasi Multiguna Pedesaan yang disingkat AMMDes

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Perindustrian menindaklanjuti munculnya mobil pedesaan melalui program pengembangan Kendaraan Pedesaan atau yang disebut Alat Mekanisasi Multiguna Pedesaan yang disingkat AMMDes.

Menurut Kementerian Perindustrian RI Airlangga Hartarto munculnya AMMDes tak lain sebagai implementasi program pemerintah yang digaungkan Presiden Joko Widodo sebagai semangat Nawa Cita yaitu Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa.

"Dengan program AMMDes diharapkan dapat membantu meningkatkan perekonomian di pedesaan dengan menyiapkan alat transportasi multiguna baik sebagai alat transportasi maupun produksi," ungkap Airlangga saat memberikan sambutan di acara AMMDes Summit dan Pameran Platform dan Komponen di gedung Kemenperin, Jakarta, Selasa (27/3/2018).

Sejalan dengan itu, munculnya AMMDes ini juga diharapkan dapat memobilisasi hasil pertanian di dari desa ke kota, serta fungsi alat produksi untuk meningkatkan produktivitas pertanian di pedesaan.

Selain bidang ekonomi, program AMMDes diklaim dapat membuka peluang bagi pelaku industri untuk menguasai kemampuan bidang penelitian dan pengembangan R&D, terutama rancang bangun serta desain otomotif.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Saat ini Kemenperin Perindustrian sedang menyiapkan regulasi berupa rancangan Peraturan Presiden, rancangan Peraturan Menteri Perindustrian dan standar terkait pengembangan AMMDes.

Selain itu, Kemenperin juga meminta adanya dukungan dari berbagai pihak terutama instansi pemerintah, mulai dari Kementerian Perhubungan terkait laik jalan, dukungan kepolisian terkait registrasi kendaraan, dan dukungan dari Badan Standarisasi Nasional terkait standarisasi.

Di sisi lain proyek AMMDes ini juga membutuhkan dukungan Kementerian Keuangan terkait insentif dan fasilitas perpajakan, dukungan Kementerian Dalam Negeri terkait pajak kendaraan bermotor dan bea balik nama di daerah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.