Sukses

Saat Parkir Ban Mobil Harus Lurus ke Depan, Mitos atau Fakta

Liputan6.com, Jakarta Masyarakat yang baru memiliki mobil kerap mendapatkan pengetahuan tanpa dasar terkait bagaimana merawat mobil dengan baik dan benar. Salah satunya adalah saat mengunci setir mobil ketika di parkiran. Apakah arah ban harus lurus?

Banyak yang menyebutkan, setir harus sejajar dengan ban mengarah lurus ke depan. Ini dilakukan agar power steering tidak mengalami masalah.

Namun demikian, ada juga pengemudi yang otomatis mengunci, setelah kondisi mesin mati, maka lingkar kemudi digerakkan dengan arah 60-75 derajat, lalu setir tak bisa lagi digerakan.

Ternyata, mengunci setir mobil dengan kondisi ban yang tidak lurus dan setir terkunci kemudian bisa memengaruhi power steering adalah salah

Seperti dilansir situs resmi Nissan, kondisi setir yang terkunci nyatanya tak berbahaya bagi kondisi power steering mobil. Pasalnya, power steering pada mobil tidak memiliki keterkaitan jelas dengan arah setir atau ban mobil.

 

1 dari 2 halaman

Kelebihan Stir Mobil Sedikit Diputar

Sebaliknya, mengunci setir mobil justru dapat memberikan berbagai manfaat, khususnya bagi keamanan kendaraan. Salah satunya ketika memarkirkan kendaraan di daerah tanjakan maupun turunan.

Ketika terpaksa harus parkir dalam kondisi menanjak ataupun menurun, bukan hanya perlu mengaktifkan rem tangan maupun mode parkir saja, tetapi perlu juga mengunci setir mobil.

Dengan mengunci setir ke arah trotoar, ini dapat menghindari kondisi jika mobil turun dengan tidak sengaja.

Dengan mengunci setir mobil, Anda juga bisa menghindari mobil dari pencurian. Sebab, untuk mengaktifkan kembali setir agar dapat bekerja, kunci mobil harus terlebih dahulu dimasukan.

Dengan begitu, setir mobil dapat kembali berputar dengan normal. Karena itulah, upaya pencurian akan lebih sulit untuk dilakukan jika setir mobil telah terkunci.

Artikel Selanjutnya
Mau Beristirahat Nyaman di Dalam Mobil? Simak 9 Tipsnya
Artikel Selanjutnya
Ingat, Jangan Berteduh di Kolong Jembatan Jika Tak Ingin Ditilang