Sukses

4 Faktor Penyebab Mobil Terbakar Tiba-Tiba

Liputan6.com, Jakarta - Kebakaran secara tiba-tiba dialami dua mobil Toyota Alphard hanya dalam kurun waktu kurang dari empat hari.

Terbakarnya mobil saat dikendarai ternyata bukan hanya dialami mobil mewah saja, tetapi ada juga dari berbagai model dan merek berbeda.

Sementara itu, Executive General Manager ‎PT Toyota Astra Motor (TAM) Fransiscus Soerjopranoto menyatakan, terbakarnya mobil Toyota Alphard bisa saja terjadi lantaran banyak faktor.

“Seperti rumah, kendaraan juga sama, ada saja yang bisa terjadi konslet,” ungkap Soerjo kepada Liputan6.com, Senin (19/2/2018).

Soerjo pun menjabarkan beberapa faktor yang dapat menyebabkan mobil terbakar saat di jalan antara lain

 

 

1 dari 5 halaman

1. Konslet

Faktor yang satu ini biasanya paling sering terjadi. Hal ini karena listrik dari baterai atau aki mengalami hubungan arus pendek.

“Bisa saja mengeluarkan percikapan api, kemudian mengenai bagian bensin, terjadi kebakaran, atau terkena bahan bahan yang mudah terbakar,” ucap Soejo.

Selain itu, bagian kabel yang terkelupas dan tersentuh logam atau air juga bukan tak mungkin terjadi. Bahkan, sistem klistrikan yang berada di dalam kabin mobil juga bisa beresiko.

 

 

2 dari 5 halaman

2. Overheat

Karena lama dikendarai tentu saja mobil akan semakin panas. Namun resiko paling tinggi jika radiator kekurangan air.

“Kalau kurang air, radiator jadi panas, ngebul, kemudian bisa terjadi kebakaran karena over heat itu besi-besi jadi memanas,” ucapnya.

Namun selain karena air, beberapa faktornya yang membuat munculnya api tak lain karena adanya berbagai masalah pada sistem radiator lainnya.

 

3 dari 5 halaman

3. Modifikasi

Jika tak puas dengan mobil bawaan pabrik, maka tak heran sejumlah konsumen justru melakukan tambahan aksesoris atau modifikasi. Tak terkecuali pada bagian yang menggunakan aliran listrik.

Nah, terjadinya kebakaran sendiri bisanya dilakukan modifikasi tanpa mempertimbangkan bagian-bagian secara detail. Termasuk pemotongan dan penyambungan kabel yang tak sempurna.

 

4 dari 5 halaman

4. Kebocoran

Di dalam mobil berbagai bentuk cairan ada. Tak hanya bahan bakar minyak tetapi juga oli, baik oli mesin hingga oli transmisi.

Bagian cairan seperti minyak atau oli bisa saja memicu terjadinya kebakaran. Akan tetapi hal itu dapat terjadi apabila terjadi kebocoran.

Satu hal lainnya, mobil terbakar bisa saja terbakar lantaran ketika hawa panas melewati bagian bawah tangki bensin, maka bensin akan ikut menguap secara tidak langsung maka kebakaran terjadi.

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Dua Alphard Ludes Terbakar dalam Sepekan, Apa Kata Toyota?
Artikel Selanjutnya
Mobil Alphard Terbakar di Tol Tanjung Duren