Sukses

Apa Saja Manfaat Fairing pada Motor Sport?

Liputan6.com, Jakarta Tak sedikit konsumen membeli sepeda motor sport karena menggunaan fairing yang menutupi bagian depan dan samping. Berbeda dengan motor tanpa fairing, yang disebut naked bike atau motor touring, mereka menganggapnya kurang "laki".

Bicara soal sepeda motor ber-fairing, ternyata tak sedikit yang menganggap hal itu hanya sebuah hiasan atau style semata. Fairing juga membuat motor terlihat lebih sporty dibanding naked bike.

Bahkan, ada pula yang membeli sepeda motor sport dengan penggunaan fairing lantaran ingin terlihat seperti riders MotoGP.

Akan tetapi, ternyata seperti dilansir situs resmi Planet Ban, fairing memiliki fungsi lain dari sekadar gaya. Di dunia balap, fairing sangat bermanfaat sebagai penambah aerodinamis saat motor dipacu dengan kencang.

Alhasil, saat si kuda besi berlari dengan kecepatan tinggi, maka aerodinamis fairing sangat terasa, karena pada bagian samping dapat membelah atau memperlancar aliran udara, sehingga lebih stabil.

 

1 dari 3 halaman

Selanjutnya

Selain itu, fairing juga berfungsi mengalirkan udara ke mesin dan radiator untuk mengoptimalkan pendinginan. Fairing pada sepeda motor harian berguna untuk melindungi mesin dari kerusakan. Terutama pada bagian radiator yang amat rawan jika terkena benturan.

Tak hanya itu, fairing bagian bawah mesin juga dapat menampung oli bila terjadi kebocoran pada tangki oli mesin.

 

 

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Fairing juga dapat melindungi rider dari debu dan kerikil halus. Adapun fairing pada bagian bawah dan samping biasanya berfungsi untuk menghindari cipratan air di jalanan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Kawasaki Indonesia Ogah Ninja Jadi 150 Cc
Artikel Selanjutnya
KTM Luncurkan Motor Sport 250 cc dengan Knalpot Samping, Berapa Harganya?