Sukses

Daftar Merek Mobil Paling Memuaskan di 2017

Liputan6.com, Jakarta - Sederet mobil terbaru telah hadir sepanjang 2017. Namun, untuk menjadi paling favorit dan laris di pasaran, masyarakatlah yang menentukan.

Menurut data Consumer Report, kepemilikan mobil dari tahun ke tahun mengalami pasang surut. Selera konsumen kerap berubah-ubah dan sulit ditebak.

Setidaknya, Consumer Report kembali melakukan survei tahunan untuk mengetahui soal kepuasan konsumen terhadap suatu merek mobil. Tentunya hal ini bisa menjadi bahan rekomendasi untuk membeli mobil baru dengan cerdas.

Sebagaimana dikutip Carscoops, Selasa (26/12/2017), hasil survei menyebutkan Tesla dan Porsche masih menjadi merek mobil yang paling memuaskan konsumen, sama seperti pada 2016.

Adapun urutan selanjutnya adalah Genesis, Chrysler, dan Audi. Sementara Subaru serta Toyota yang kala itu ada di tempat ke empat dan kelima harus tersingkir.

Survei ini dilakukan dengan responden sebanyak lebih dari setengah juta mobil. Dalam survei tersebut, responden harus menilai mobil mereka soal pengalaman berkendara, kenyamanan, harga, model mobil, audio, dan suhu dalam kabin mobil. 

Hanya saja, beberapa merek ada juga yang tidak memberikan data. Adapun merek-merek tersebut, antara lain Alfa Romeo, Jaguar, Land Rover, Maserati, Smart, dan Fiat. 

Untuk Fiat, hal ini sama seperti tahun lalu berada di urutan buncit, karena kurangnya data. Adapun survei ini dilakukan kepada konsumen di Negeri Paman Sam.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

2 dari 2 halaman

Daftar Mobil Murah Terlaris Jelang Akhir Tahun di Indonesia

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) wholesales (penjualan pabrik ke dealer) selama Januari-November 2017, segmen Low Cost Green Car (LCGC) cukup menggiurkan.

Tercatat, penjualan selama 11 bulan pada 2017 mencapai 218.358 unit atau naik 2,8 persen dibandingkan periode yang sama di tahun lalu, yaitu sebesar 212.318 unit.

Kendati begitu, ternyata kenaikan tersebut berbeda dengan November 2017 yang hanya mencatatkan angka 19.095 unit atau turun 30,7 persen dari periode November 2016 yang tembus 27.558 unit.

Dari beberapa merek mobil di segmen LCGC, si kembar Toyota Calya-Daihatsu Sigra tetap menjadi dominan, di mana Calya menjadi nomor satu dan Sigra di urutan kedua.

Lain halnya dengan Toyota-Daihatsu, merek mobil Datsun rupanya tak terlalu moncer. Sebab, penjualannya tidak terlalu signifikan.

Tak sedikit yang menyebut, Datsun terlalu sibuk mendandani model LCGC-nya dengan ubahan sangat minim. Selain itu, pilihan produk Datsun juga tak banyak seperti para kompetitor lain.

Nah, jika Anda akan membeli LCGC dalam waktu dekat, berikut model mobil LCGC yang terlaris jelang akhir tahun:

November 2017

1.     Toyota Calya 5.493 unit

2.     Daihatsu Sigra 4.816 unit

3.     Honda Satya 4.647 unit

4.     Toyota Agya 1.487 unit

5.     Daihatsu Ayla 1.345 unit

6.     Suzuki Karimun Wagon R 555 unit

7.     Datsun Go+ Panca 523 unit

8.     Datsun Go hatchback 229 unit