Sukses

Layakkah Viar Cross Jadi Alternatif Motor Trail Murah?

Melihat kebutuhan motor trail harga terjangkau, Viar Motor Indonesia menghadirkan all new Viar Cross X 200ES dan new Viar Cross X 250ES

Liputan6.com, Jakarta - Bagi penikmat trabas alias berpetualang di alam menggunakan motor trail, kini banyak tersedia pilihan tunggangan yang mumpuni dengan harga yang bisa dibilang tidak murah. Melihat adanya kebutuhan motor trail harga terjangkau, Viar Motor Indonesia resmi menghadirkan all new Viar Cross X 200ES dan new Viar Cross X 250ES.

Kehadiran dua motor dual purpose ini seakan menjadi alternatif, bagi pecinta motor trail untuk memiliki kuda besi dengan kapasitas mesin yang sudah besar, namun dengan harga terjangkau. Pertanyaannya, layakkah dua model ini dimiliki?

Menurut Sofyan MX, dari Roby Steam, bengkel khusus motor trail, mini moto, dan ATV, pihaknya memang belum menggunakan motor ini, baik untuk trabas atau digunakan untuk harian.

"Waduh, saya tidak pakai Viar, dan komunitas di sini juga belum ada yang menggunakan Viar, karena kebanyakan menggunakan KTM, Husqvarna, atau KLX," jelas pria yang sudah belasan tahun menekuni dunia motor trail ini, saat berbincang dengan Liputan6.com, di bengkelnya di Jalan Arteri Kelapa Dua Raya, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Rabu (3/5).

Lanjutnya, jika memang menggunakan Viar Cross baik mesin 200 cc atau 250 cc, banyak yang perlu diganti alias dimodifikasi. Dia menganggap motor tersebut masih memiliki kekurangan.

"Kalau Viar, banyak yang diganti mesinnya pakai Honda Tiger, biar lebih awet. Untuk mesin Viar-nya sendiri tidak digunakan," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Spesifikasi

Sejatinya, untuk spesifikasi Viar Cross X200ES ini sudah lumayan mumpuni, seperti suspensi depan model upside down dan monoshock unitrack system di belakang. Sistem pengereman depan dan belakang pun sudah cakram. Sementara roda depan menggunakan ukuran 80/100-21 dan belakang 100/100-18.

Motor berbanderol Rp 28,5 Juta On the Road Jakarta ini diperkuat mesin 4-Tak SOHC 200 cc berpendingin udara yang dikawinkan dengan transmisi manual lima percepatan. Jantung mekanis tersebut sanggup menyemburkan tenaga 17,4 Tk pada 8.500 rpm dengan torsi puncak 15 Nm pada 7.000 rpm.

Sedangkan untuk Viar Cross X250ES dipersenjatai dengan mesin 4-Tak silinder tunggal, berkapasitas 250 cc, berkekuatan 25,4 Tk pada putaran 9.000 rpm.

Model ini dibanderol Rp 34,63 juta Off the Road Jakarta. Harga ini jauh lebih terjangkau dibanding dengan motor sejenis keluaran pabrikan Jepang apalagi Austria.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.