Sukses

Siap Kecewa, Motor Baru Rossi dan Vinales Tak Berubah Signifikan

Kuda besi Yamaha YZR-M1 diprediksi tak akan mengalami perubahan signifikan untuk MotoGP 2017.

Liputan6.com, Madrid - Kuda besi Yamaha YZR-M1 diprediksi tak akan mengalami perubahan signifikan untuk MotoGP 2017. Padahal sebelumnya motor baru ini digadang-gadang akan sama sekali baru dari versi 2016, termasuk soal tampilan.

Desember lalu, Massimo Meregalli, Direktur Teknis Movistar Yamaha, pada akhir 2016 lalu mengatakan bahwa mereka sedang menciptakan motor yang revolusioner, yang benar-benar baru. Itu pula yang jadi alasan mengapa waktu peluncuran model baru ini diundur.

Namun, informan internal anonim Yamaha meruntuhkan imajinasi itu. Ia mengatakan bahwa motor ini desainnya tidak sama sekali baru, namun berbasis dari pendahulunya. "Basis motor 2017 sama seperti untuk tahun 2016," ujarnya, dikutip dari motorsport.com.

Namun begitu, sumber menyebut bahwa hal tersebut bukanlah masalah. Justru dengan begitu, menurutnya, Yamaha masih mempertahankan filosofi mereka.

"Pada akhirnya, jika motor tidak banyak masalah, pabrikan bakal mengubah banyak hal tapi tidak mengubah filosofi motor. Dengan sasis, swing arm, mesin, suspensi, dan beberapa bagian lain yang memang berbeda, tapi tak mengubah filosofi 2016," tambah Meregalli.

Sumber tersebut tidak membocorkan lebih jauh soal motor. Seperti misalnya, berapa tenaga yang keluar dari mesin baru itu. Sebagai pembanding saja, YZR-M1 2016 bermesin 1.000 cc liquid cooled inline four-cylinder hasilkan tenaga lebih dari 240 Tk.

Adapun Yamaha YZR-M1 model 2017 akan diperkenalkan ke publik di kantor pusat Movistar yang terletak di Madrid, Spanyol. Pembukaan selubung ini akan dihadiri oleh Valentino Rossi serta rekan setim barunya dari Suzuki, Maverick vinales.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.