Sukses

Fiat Chrysler Juga Curangi Hasil Uji Emisi

Environmental Protection Agency (EPA), Kamis (12/1/2017) kemarin menuduh Fiat Chrysler memanipulasi uji emisi bahan bakar.

Liputan6.com, California - Volkswagen ternyata bukan satu-satunya pabrikan yang memanipulasi hasil uji emisi. Environmental Protection Agency (EPA), Kamis (12/1/2017) kemarin menuduh Fiat Chrysler juga melakukan hal serupa.

EPA mengatakan setidaknya model yang diketahui tertanam perangkat penipu emisi adalah pikap Dodge Ram 1500, serta Jeep Grand Cherokee 3,0 liter. Semuanya dirakit pada 2014 hingga 2016, dan berpengaruh terhadap 104 ribu unit kendaraan.

Janet McCabe, head of EPA Office of Air and Radiation, mengatakan bahwa "tidak ada tindakan mendesak yang harus dilakukan pemilik kendaraan." Pasalnya, mereka dianggap masih aman, serta tetap legal untuk mengemudi.

Adapun perangakat penipu emisi yang dipasang pada ratusan ribu unit mobil itu dapat mengurangi tampilan jumlah nitrogen oksida yang terpancar selama tes. Sementara jika di jalanan, emisi yang keluar lebih kotor ketimbang hasil uji.

Diketahuinya perangkat penipu ini disebabkan karena EPA memperluas dan memperdalam pengujian kendaraan setelah mencuatnya kasus VW, September 2015 lalu.

Pejabat Fiat membantah tuduhan tersebut. Menurutnya, setiap pembuat mobil punya banyak strategi untuk mengurangi emisi tanpa mengorbankan daya tahan dan kinerja mesin. Ia juga mengaku telah mengikuti seluruh regulasi sebagaimana mestinya.

"Fiat AS bermaksud untuk bekerja sama dengan administrasi untuk menyelesaikan masalah ini secara adil dan merata," tulis pernyataan perusahaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini