Sukses

Dalam Hal Ini, Toyota Kalah dari Volkswagen?

Liputan6.com, Aichi - Titel sebagai pabrikan mobil terlaris di dunia yang disandang Toyota Motor Corp dalam lima tahun terakhir nampaknya akan segera berakhir. Mereka nampaknya akan kalah dari kompetitor asal Jerman, Volkswagen AG.

Mengutip the-japan-news.com, Jumat (30/12/2016), sejak Januari hingga November, penjualan Toyota, termasuk di dalamnya Daihatsu dan Hino, berada di angka 9.219.000 unit. Angka ini hanya naik 0,1 persen dibanding periode yang sama tahun 2015.

Jika dihitung tanpa Hino dan Daihatsu sebagai anak perusahaan, maka penjualan Toyota sendiri hanya naik 0,3 persen atau setara dengan 8.353.000 unit mobil. Prius baru jadi kontributor terbesar di pasar lokal.

Sementara Volkswagen (VW), penjualannya secara global lebih banyak sekira 160 ribu. Data-data ini disebut diperoleh dari Toyota sendiri, Selasa kemarin.

Penjualan global VW melonjak 3,1 persen dibanding 11 bulan pertama tahun lalu, atau setara dengan 9.379.000 unit.

Menurut Toyota, hasil yang tidak begitu memuaskan ini salah satunya disebabkan karena penjualan di luar Jepang yang relatif lemah, termasuk di Amerika Utara. Di wilayah itu, ada kebijakan baru berupa kenaikan pajak.

Sementara penjualan VW merangsek berkat performa yang apik di Tiongkok, wilayah yang sedari awal mereka tetapkan sebagai pasar andalan.

Loading