Sukses

Mobil Sport Pertama di Dunia Terjual Rp 8,8 Miliar

Liputan6.com, London - Satu rekor lagi terpecahkan di pelelangan mobil tua skala internasional, baru-baru ini. Kali ini, rekor diraih oleh mobil yang dikenal dengan sebutan "first true sports car".

Vauxhall 1914 'Prince Henry' Sports Torpedo, awal Desember lalu terjual dengan harga US$ 657.185 atau setara dengan Rp 8,84 miliar di Rumah Lelang Bonhams, di London. Demikian seperti yang dikutip dari laman bonhams.com.

Menilik sejarahnya, mobil bertenaga 25 Tk ini dirancang oleh seorang berkebangsaan Inggris bernama Laurence Pomeroy. Mobil ini dipesan oleh Pangeran Henry untuk dihadiahkan kepada T.W. Badgery, seorang pebisnis sukses di masanya.

Mobil ini mampu berlari hingga 129 km/jam. Saat Pangeran Henry mengaku tertegun dengan kemampuan mobil ini. Ia pun bisa mengalahkan banyak orang dengan mudah.

Menurut Rob Hubbar, senior spesialis di Bonhams, lebih dari satu abad kemudian mobil ini hanya tersisa tujuh unit di dunia. Kelangkaan serta sejarahnya itu yang turut membuat harga mobil terdongkrak hingga miliaran rupiah.

Meski memang, harga tersebut belum bisa dibilang mahal jika dibandingkan dengan yang lain. Laman Motorauthority menyebut bahwa mobil termahal yang terjual lewat lelang adalah Ferrari LaFerrari, seharga US$ 7 juta.

Pemilik terakhir Vauxhall bernama Reg Long, seorang insinyur dari Lincolnshire, Inggris. Ia memiliki mobil ini selama 46 tahun, sampai ia meninggal tahun ini. Disebutkan, saat dimiliki Long, mobil ini dirawat dengan cukup baik.