Sukses

Donald Trump Jadi Presiden, Pasar Otomotif AS Tak Terganggu

Eksekutif Daimler, Dieter Zetsche, memprediksi tidak akan ada gangguan ke pasar otomotif AS dalam jangka pendek setelah Trump naik.

Liputan6.com, California - Ketua Board of Director Daimler, Dieter Zetsche, memprediksi tidak akan ada gangguan ke pasar otomotif Amerika Serikat (AS) dalam jangka pendek setelah Donald Trump terpilih sebagai presiden.

Meski demikian, ia tetap memperingatkan bahwa membatasi perdagangan dengan Meksiko justru akan merugikan kedua negara.

"Kami berharap akan ada jurang selebar mungkin antara kampanye dan kebijakan presiden, tapi ini adalah sesuatu yang tidak bisa diprediksi oleh siapapun," ujar Zetsche, dikutip dari Reuters, Jumat (18/11/2016).

"Kami berasumsi bahwa setidaknya tidak akan ada gangguan dalam jangka pendek," tambah pria yang labih pada 1953 ini.

Karena alasan itu pula, ia mengatakan bahwa pasar mobil AS tidak banyak berubah tahun depan, baik Trump menang atau kalah sekalipun.

Untuk diketahui, selama kampanye, Trump berulang kali mengkritik North American Free Trade Agreement (NAFTA), perjanjian dagang antara negara-negara Amerika Utara. Menurutnya, itu adalah kesepakatan yang merugikan AS.

Salah satu pabrikan yang `kena semprot` adalah Ford. Ia mengatakan tidak akan membiarkan Ford membuka pabrik baru di Meksiko. Trump juga mengatakan akan membebankan pajak tinggi pada produk Ford yang diimpor dari Meksiko.

Adapun Daimler juga berkepentingan karena mereka berencana membuat pabrik perakitan baru di Meksiko tahun depan. Meksiko dipilih karena tenaga kerja dan bahan bakunya lebih murah dibanding di negara-negara Amerika Utara lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini