Sukses

Tips Bikin Vespa Lawas Tak Gampang Mogok

Bagaimana cara membuat busi Vespa klasik panjang umur?

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu kendala yang terdapat pada Vespa klasik adalah mogok di jalan. Dalam hal ini, sering kali sumber masalahnya terletak pada busi, lebih spesifik busi yang hitam, atau basah oleh oli.

Lantas, bagaimana caranya agar busi Vespa lebih awet? Ardiansyah, mekanik Scooter Clinic, mengatakan bahwa yang harus diperhatikan justru adalah penyetelan spuyer.

"Kondisi setting-an spuyer jangan terlalu basah," ujar Ardiansyah kepada Liputan6.com, di bengkel mereka yang terletak di Lenteng Agung, Jakarta, beberapa hari yang lalu.

Spuyer adalah komponen yang terletak di mangkuk karburator. Di sana terdapat dua spuyer. Spuyer gemuk disebut main jet yang berfungsi mengabutkan bahan bakar di putaran tinggi. Sementara yang berbentuk panjang langsung, disebut pilot jet.

Main jet yang diputar terlalu besar adalah penyebab mengapa busi basah oleh oli, Sebab dalam kondisi seperti itu pembakarannya terlalu `kaya`. "Kondisi isapan usahakan oke," tambahnya.

Menurutnya, meski bahan bakar yang digunakan beroktan tinggi, itu tidak berpengaruh apapun. "Percuma kalau settingan spuyer-nya tidak tepat," tambahnya. Sebelumnya, kondisi bahan bakar yang baik diyakini tidak membuat busi cepat rusak.

"Satu lagi, takaran oli samping pun harus ideal," tutup pria yang lebih sering disapa Ade ini. Sebagai informasi, sebagaimana motor 2-tak lain, Vespa klasik juga menggunakan oli samping, di samping oli mesin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini