Sukses

Pilih Toyota Calya Baru atau Avanza Bekas? Ini Pertimbangannya

Liputan6.com, Jakarta Toyota Calya jadi alternatif pilihan konsumen. Mobil ini jadi jawaban mereka yang mencari mobil tujuh penumpang dengan harga terjangkau.

Memang, sebelum Calya hadir telah ada Datsun Go+ Panca yang bermain sendirian. Hanya saja, ketika produk kolaborasi Toyota-Daihatsu itu menetas, segala fitur yang ditawarkan jadi daya tarik.

Secara harga, Toyota Calya ditawarkan pada rentang harga Rp 129,650 juta hingga Rp 150 juta.

Nah, Liputan6.com pun tertarik untuk menelusuri ragam mobil bekas tapi yang kelasnya di atas Calya pada rentang harga tersebut.

2 dari 3 halaman

Penelusuran

Mobil bekas yang setara dengan harga Toyota Calya tipe tertinggi tentu saja tak boleh lebih dari Rp 150 juta. Yang terpenting, usia mobil juga tak boleh melebihi lima tahun.

Hanya ada dua mobil yang bisa dilirik, yakni Avanza Veloz tahun 2013 dan Nissan Grand Livina CVT lansiran 2014.

Avanza Veloz 2013 dipatok dengan harga pasaran Rp 145 juta. Tentu harga ini masih bisa digoyang. Selain MPV Avanza, ada juga Nissan Grand Livina yang harganya Rp 149,5 juta. Menariknya, usia MPV Nissan ini relatif lebih muda dibandingkan Avanza Veloz.

3 dari 3 halaman

Hitung-hitungan

Menyesuaikan anggaran dengan model yang ingin dibeli memang langkah awal sebelum memutuskan beli mobil bekas atau Toyota Calya baru.

Apabila Anda memutuskan untuk membeli mobil bekas, hal yang perlu diperhatikan adalah biaya servis yang harus dialokasikan. Mengingat, mobil bekas ini sudah mencapai lima tahun.

Mobil yang telah berusia 5 tahun diestimasikan harus masuk bengkel pada servis 100.000 kilometer. Untuk Nissan Anda harus menyiapkan kocek Rp 1.934.900. Biaya itu termasuk ganti oli, busi, EGR gasket, intake manifold gasket, throttle gasket dengan biaya jasa sebesar Rp 714.000.

Sementara untuk perawatan Avanza Anda harus menyediakan biaya untuk penggantian suku cadang sebesar Rp 451.000, yang termasuk filter oli, busi, dan oli mesin. Sementara untuk jasanya sebesar Rp 498.000. Jika ditotal servis Veloz untuk 100.000 kilometer sebesar Rp 949.000.

Jadi, lebih pilih beli Toyota Calya atau mobil bekas? Anda yang putuskan