Sukses

Yogyakarta Jadi Pusat Edukasi Keselamatan Berkendara

Safety Riding Center Astra Motor Terbuka untuk Umum

Liputan6.com, Yogyakarta - Tidak cuma fokus jualan, Astra Motor selaku main dealer sepeda Motor Honda juga serius dalam mengampanyekan keselamatan berlalu lintas. Salah satu upaya yang dilakukan adalah mendirikan Safety Riding Center yang berada di Jalan Sudirman No.99 Yogyakarta.

"Gedung ini sudah ada sejak 15 Mei 2015 dan ini merupakan safety riding center yang pertama dimiliki Astra Motor. Gedung ini merupakan fasilitas untuk menumbuhkan pentingnya berkendara aman seiring dengan pertumbuhan sepeda motor nasional," terang Chief Executive Astra Motor Sigit Kumala di Astra Motor Yogyakarta, Rabu (7/9/2016).

Lebih lanjut Sigit menyampaikan, Yogyakarta dipilih karena menjadi kota percontohan untuk safety riding. Di mana materi safety riding diberikan mulai dari tingkat SD dan SMP. Dia juga menyebutkan, Safety Riding Center Yogyakarta ini bisa digunakan oleh siapa saja tanpa dipungut biaya.

"Tidak ada aktivitas sales di sini. Kalau ada yang berminat (dengan produk Honda) kami arahkan ke dealer. Jadi di sini hanya untuk pelatihan aman berkendara. Tidak cuma memberikan teori, di sini kami juga memberikan fasilitas berupa unit praktek lengkap dengan safety gear-nya," Sigit menambahkan.

Sebagai informasi, dalam waktu dekat Astra Motor akan meresmikan Safety Riding Center kedua mereka di Indonesia. "Jika tidak ada halangan, bulan depan kami akan meresmikan safety riding center di Kota Tabanan, Bali," ujar pria berkacamata itu.

Peserta safety riding akan diberikan pelajaran mengenai lima teknik mengendarai sepeda motor yang meliputi, teknik dasar mounting & dismounting (naik dan turun kendaraan), pengereman (braking), narrow plank alias teknik keseimbangan di jalan sempit, melewati jalan bergelombang (bumpy road), dan slalom course.

Sebagai informasi, Safety Riding Center Yogyakarta mampu melayani lebih dari 4.000 pengunjung per tahun. Selain itu, tempat ini juga menjadi salah satu destinasi wisata Yogyakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini