Sukses

Nissan Siapkan Perusak Dominasi Fortuner dan Pajero Sport

PT Nissan Motor Indonesia (NMI) tergiur menjual high Sport Utility Vehicle (SUV) untuk menyaingi dominasi Fortuner Pajero Sport.

Liputan6.com, Jakarta - PT Nissan Motor Indonesia (NMI) tergiur menjual high Sport Utility Vehicle (SUV). Ini tidak mengherankan. Sebab di antara yang lain, segmen ini adalah salah satu yang mengalami peningkatan persentase penjualan.

"Pasar SUV terus berkembang. Ada segmen di mana Nissan belum ada produknya. Inilah yang akan kita lengkapi," ujar Budi Nur Mukmin, General Manager Marketing Strategy NMI, di sela peluncuran program Nissan GT Academy di Jakarta, Selasa (20/7/2016).

Sepanjang Januari hingga Mei 2016, Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport yang menjadi model terlaris di kelas high SUV terjual dengan peningkatan signifikan. Fortuner laku 9.992 unit atau naik 211 persen dibanding periode yang sama di tahun 2015, sementara Pajero Sport terjual 8.640 unit atau meningkat sampai 230 persen.

Sementara SUV medium milik Nissan, X-Trail, justru mengalami nasib yang bertolak belakang. Penjualannya sampai Mei lalu turun hingga 72 persen. Nissan justru tak bisa bersaing dengan Toyota dan Mitsubishi karena tak punya model di kelas high SUV.

Lantas, model high SUV apa yang dimaksud? Jika melongok Nissan global, nampaknya yang dimaksud adalah SUV tujuh kursi yang berbasis pada pikap NP300 Navara. Model ini belum memang diperkenalkan, hanya pernah kali tertangkap kamera dengan kamuflase.

SUV berbasis Navara ini terpantau memiliki bentuk kotak di bagian belakang. Dari tengah ke belakang desainnya mirip dengan Pathfinder jadul. Tapi bentuk kotak ini nampaknya akan diubah, mengingat pesaingnya punya desain yang lebih sporty.

Mengenai spekulasi ini, Budi enggan memberikan informasi secuil pun. "Kalau berbicara detilnya tidak bisa. Yang jelas kami persiapkan model yang belum ada," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.