Sukses

Ini Ongkos Bikin Mobil Kusam Kembali Kinclong

Untuk membuat mobil kembali kinclong bisa dilakukan dengan poles ulang dengan biaya kurang dari Rp 1 juta.

Liputan6.com, Depok - Semua orang ingin kendaraannya tetap mengkilap, seperti saat pertama kali keluar dari dealer. Sayang hal itu tidak mungkin. Sinar matahari, debu, air hujan, membuat cat mobil lama-kelamaan kusam.

Untuk membuat cat kembali cerah, salah satu caranya adalah dengan melakukan poles ulang atau finishing. Biaya yang dibutuhkan tak sampai satu juta.

"Kalau finishing, untuk mobil besar seperti Innova itu biayanya Rp 850 ribu," ujar Erwin Santoso, pengelola Rafet Auto, bengkel spesialis cat dan body mobil di Jalan Raya Bogor Km. 35 No. 37, kepada Liputan6.com.

Proses pengerjaannya sekira dua sampai tiga hari. Tahapan kerjanya pertama-tama adalah mengamplas body secara keseluruhan, baru kemudian dipoles. "Itu ketahanannya kuat sampai satu tahun," tambah Erwin.

Waktu pengerjaannya memang cukup lama, berbeda dengan bengkel-bengkel yang ditemui di pinggir jalan yang umumnya melakukan poles ulang tak sampai dua-tiga jam saja.

"Biasaya mereka tidak pakai tahap mengamplas. Kalaupun iya, itu biasanya dilakukan seadanya karena diburu waktu. Kalau caranya seperti itu satu dua bulan warna cat mobil sudah beda lagi," tambahnya.

Menurut Erwin, mengamplas berfungsi untuk mengikis lapisan pernis yang menguning. "Sebab sebetulnya lapisan pernis itulah yang membuat warna mobil kusam," tutupnya.

Berikut adalah daftar ongkos poles mobil di Rafet Auto: 

- Mobil sedan dan MPV Rp 750 ribu
- Hatchback (Jazz, Yaris) Rp 650 ribu 
- Mobil besar (Fortuner, Innova, Pajero, Terrano) Rp 850 ribu

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini