Sukses

Solusi Otomotif: Semburan Air Wiper Macet

Saya Wahyu dari Surabaya. Saya pengguna Toyota Yaris G 1.5 AT. Pak Agus mau tanya di mobil saya ada kendala di bagian wiper kaca depan. Air wiper pada kaca depan tidak bisa mengeluarkan air saat panel dinyalakan dan terkadang wiper depan tidak berfungsi, kira-kira kenapa dan apa solusinya? 

Pak Wahyu di Surabaya, air wiper merupakan bagian dari kendaraan yang sering terlupakan tetapi sangat dibutuhkan saat musim hujan dan tanpa disadari merupakan bagian kecil dari faktor keselamatan saat berkendara di kondisi hujan.

Hal-hal yang bisa dilakukan oleh Pak Wahyu adalah memeriksa sistem air wiper bisa dimulai dari yang mudah dulu yaitu:

  1. Periksa dulu jalur selang wiper dari reservoir tank air apakah terpasang dengan benar tidak ada yang bocor (lokasi ada di ruang mesin).
  2. Setelah dipastikan selang normal kemudian dilanjutkan pemeriksaan motor wiper cukup dengan merasakan getarannya saat dihidupkan air wiper (bila terasa getaran pada motor wiper berarti bagus). Untuk memastikan airnya mengalir selang wiper-nya bisa dilepas dulu sambil dilihat aliran airnya.
  3. Bila air wiper sudah mengalir di dalam selang pada ujungnya terdapat nozzle wiper yang biasa terjadi tersumbat oleh debu, hal ini bisa diatasi dengan menggunakan jarum dilancarkan bagian yang tersumbat tersebut.
  4. Kalau langkah 1,2,3 sudah dipastikan baru selanjutnya tugas dari mekanik bengkel untuk memeriksanya.
  5. Kemungkinan kerusakannya (fuse wiper, switch wiper, motor wiper) bisa dilakukan pemeriksaan lebih lanjut .

Semoga jawaban saya bisa membantu Pak Wahyu dalam pemeriksaan awal pada kendaraan Yaris-nya

Terima Kasih

H Agus Mustafa

--

Bagi Anda yang ingin mengirimkan pertanyaan, silakan kirim ke email: otoliputan6@gmail.com dengan format sebagai berikut:

Subject : SOLUSI OTOMOTIF MOBIL/MOTOR
Nama :
Usia:
Lokasi :
Pertanyaan :

Hanya pertanyaan terpilih yang akan kami tayangkan. Pertanyaan akan dijawab langsung oleh technical support Auto2000 Agus Mustafa.

Pria yang karib disapa `Pak Haji` ini sudah 26 tahun berkarir di Auto2000.  Saat ini ia berada di divisi National Technical Support Head Office.

Selama berkarir Agus Mustafa pernah memperoleh juara satu National Toyota Technicians Skills Contest  dan jadi wakil Toyota Indonesia di 7th Asian Technicians Skills Grand Prix di Roc, Taiwan.

Geger, Ular Piton 3 Meter Bersembunyi di Mobil

Tutup Video
Loading