Sukses

Solusi Otomotif: Suara `Klek-klek` Gear Ratio Honda Beat

"Motor saya Honda Beat 2014 dan sering terdengar suara bising `klek klek klek` di bagian gear ratio. Kira kira bagaimana solusinya? Terima Kasih." -Ganung-

Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan bunyi `klek-klek` di area gear ratio. Dan hal ini perlu dilakukan analisa yang lebih seksama terhadap motor Anda. Apakah bunyi ini terjadi pada saat motor hidup pada saat bergerak/jalan atau hidup dalam posisi tidak bergerak/stasioner. 

Adapun penyebab bunyi ini, perlu dilakukan pemeriksaan terhadap sejumlah komponen, yaitu:

  1. Weight Roller yang sudah aus atau berubah bentuk.
  2. Pelek belakang di area bos (bushing) centre oblak.


  3. Beberapa bearing di area gear ratio, yang meliputi: bearing shaftdrive, bearing gear final, bearing cover CVT. Periksa semua bearing tersebut dari kemungkinan oblak.

Lakukan pengecekan pada bagian komponen tersebut, dengan urutan  kerja yang paling mudah. Dan lakukan penggantian part jika ditemukan oblak.

Terima kasih mudah-mudahan dapat bermanfaat.


Salam,

Venus Adha

---

Bagi Anda yang ingin mengirimkan pertanyaan, silakan kirim ke email: otoliputan6@gmail.com dengan format sebagai berikut:

Subject : SOLUSI OTOMOTIF
Nama :
Usia:
Lokasi :
Pertanyaan :

Hanya pertanyaan terpilih yang akan kami tayangkan. Pertanyaan akan dijawab langsung Venus Adha, Head of Technical Training and Quality Assurance Development Wahana Makmur Sejati.