Sukses

Kematian Bintang Star Trek karena Kerusakan Grand Cherokee?

Kematian bintang Star Trek, Anton Yelchin, masih menyisakan tanda tanya. Ternyata mobil yang digunakannya masuk dalam daftar recall.

Liputan6.com, California - Kematian bintang Star Trek, Anton Yelchin, masih menyisakan tanda tanya. Setelah sebelumnya disinyalir kesalahan terletak pada Yelchin yang tak paham mobil matik, kali ini dilaporkan Jeep yang digunakannya memang bermasalah.

Melansir CNN, Kamis (23/6/2016), mobil Jeep Grand Cherokee 2015 yang digunakan Yelchin saat itu ternyata masuk dalam daftar recall atau penarikan kembali diputuskan pada April lalu. Total ada 1,1 juta Grand Cherokee yang bermasalah.

Tapi sampai saat ini, Fiat Chrysler selaku perusahaan induk Jeep belum memberikan keterangan resmi kepada para konsumen. Menurut pabrik asal Italia itu, pengumuman dan perbaikan baru akan dilakukan saat komponen pengganti sudah ada.

Fiat mengatakan masalah yang membuat mobil harus ditarik ada di bagian gear selector. Pengoperasian yang disebut-sebut mirip seperti joystick game ini membingungkan banyak orang. Mereka misalnya, mengira gigi sudah dalam posisi Park (P) atau parkir, tapi ternyata netral ada di posisi (N).

Tentu konsekuensinya besar. Gigi di posisi P artinya transmisi terkunci sehingga kendaraan tidak bisa maju atau mundur. Sementara pada posisi N hubungan mesin dengan roda dalam keadaan bebas hingga bisa maju atau menggelinding.

Fiat berencana untuk mengganti cara kerja gigi, dan memberikan semacam alat peringatan yang aktif ketika pengemudi meninggalkan mobil tidak dalam posisi gigi P. Sejauh ini, penyebab yang sama ditemukan pada 117 kasus lain.

Fiat sendiri sebetulnya belum mengeluarkan pernyataan resmi apakah kematian Yelchin disebabkan karena masalah gigi atau bukan. Mereka hanya berjanji akan melakukan penyelidikan menyeluruh bersama otoritas terkait seperti kepolisian.

Pada hari Minggu lalu, Anton Yelchin ditemukan meninggal dunia di pintu pagar rumahnya. Ia tewas setelah terhantam mobilnya sendiri dari belakang, yang dengan sendirinya mundur kala diparkir di jalanan yang relatif curam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.