Sukses

Gajah Tunggal Fokus di Pasar Ban Pengganti

Liputan6.com, Jakarta - PT Gajah Tunggal Tbk memilih berkonsentrasi di pasar replacement (ban pengganti) ketimbang OEM (Original Equipment Manufactur). Ada alasan mendasar mengapa produsen ban mobil GT Radial tersebut memutuskan hal ini.

"OEM paralel dengan pasar otomotif. Kalau mereka turun, kami turun, makannya kami cenderung di-replacement. Tidak bergantung padaOEM," ujar Catharina Widjadja Corporate Communication PT Gajah Tunggal Tbk belum lama ini.

Gajah Tunggal sendiri baru bermain di segmen OEM 3-4 tahun terakhir ini. Oleh karena itu, Gajah Tunggal ingin lebih fokus di pasar replacement yang membesarkannya.

Meski begitu, menurut Catharina, pasar OEM bukan berarti bisa dikesampingkan begitu saja. Tetap ada kepentingan yang perlu dijaga karena pabrikan kendaraan pun butuh ban berkualitas.

"Karena kita melihat itu ada multiplier effect di pasar replacement. Jika sudah menggunakan ban GT Radial di OEM mobil, biasanya pertama kali ganti akan tetap menggunakan merek yang sama yang ada di mobil," pungkasnya.