Sukses

Kawasaki Ninja 250 Pakai Supercharger

Trickstar Racing jadi pelopor pemakai turbo di mesin seperempat liter.

Liputan6.com, Tokyo - Kawasaki jadi pabrikan yang intens memakai supercharger pada sepeda motor garapannya. Deretan superbike Kawasaki seperti Ninja H2 telah memakai turbo.

Turbo juga ternyata mulai dimanfaatkan pada Ninja 250. Adalah Trickstar Racing, tim balap asal Jepang yang berlaga di Asia Road Racing Championship (ARRC), pelopor pemakai turbo di mesin seperempat liter.

Dilansir Shiftinggears, Trickstar Racing memegang peranan kunci dalam desain dan pengembangan H2R dan GPZ900. Ini pastinya membuat Trickstar Racing memiliki pengetahuan teknis untuk mengembangkan Ninja 250 dengan sokongan turbo.

Melalui foto terlihat saluran intake udara di bagian depan, mirip dengan H2R. Selain itu, pipa knalpot juga telah dikustom sebagai bagian dari pengembangan supercharger.

Belum diketahui berapa besar kenaikan tenaga yang dihasilkan Ninja 250 setelah memakai supercharger. Alasan Trickstar Racing menjejali supercharger ke Ninja 250 juga belum bisa ditebak, apakah untuk mengikuti persyaratan balap atau hanya sebagai versi kustom.

Versi turbo ini masih perlu persetujuan prinsipal Kawasaki untuk diproduksi massal. Bila naik produksi, tentunya bisa membuat Ninja 250 jauh lebih kompetitif ketimbang CBR250RR yang akan meluncur dalam waktu dekat. Untuk itu, kita tunggu saja gebrakan dari Si Hijau!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini