Sukses

Solusi Otomotif: Temperatur Tinggi Toyota Great Corolla

Saya memiliki mobil Great Corolla tahun 1994. Saya merasakan mesinnya panas sekali sementara tempertur dashboard menunjukkan normal. Dinamo jalan sudah diperbaiki, radiator sudah dikuras, dan menggunakan air coollant, tapi mesin terasa sangat panas sekali. Kenapa bisa demikian? Mohon solusinya. -Irwan Sugiarto-


Terima kasih Pak Erwan Sugiarto atas pertanyaannya. Saya akan membantu menjawab keluhan Great Corolla secara teknis.

Ketika meter dashboard temperatur normal (indikatornya pada posisi garis tengah) ini menujukkan Great Gorolla Pak Erwan dalam kondisi baik (tidak overheating).

Bila terjadi masalah pada sistim pendinginan indikator temperatur pada akan naik lebih dari setengah, kemudian pada air cadangan radiator akan terlihat uap air seperti memasak air ada gelembung udara yang panas keluar tabung. Kalau tidak ditemukan indikasi pada ruang mesin seperti tulisan di atas bisa dipastikan kondisi mesin normal.

Tips

  • Suhu panas ruang mesin bisa dikurangi dengan menambah alumunium foil yang dipasangkan pada kap mesin atau menggunakan material lain yang dapat menyerap suhu panas ruang mesin.
  • Perubahan suhu Pak Erwan dari ruang penumpang dalam menggunakan AC sangat mempengaruhi. Apabila berada di depan ruang mesin atau membuka kap mesin akan terasa panasnya, hal ini sangat wajar terjadi. Yang paling penting kondisi mesin Great Corolla Pak Erwan normal tidak terjadi overheating.

Semoga jawaban saya dapat membantu Pak Erwan dan Great Corolla Anda lebih awet dan aman. Terima Kasih

Salam,
H Agus Mustafa
--
Bagi Anda yang ingin mengirimkan pertanyaan, silakan kirim ke email: otoliputan6@gmail.com dengan format sebagai berikut:

Subject : SOLUSI OTOMOTIF
Nama :
Usia:
Lokasi :
Pertanyaan :

Hanya pertanyaan terpilih yang akan kami tayangkan. Pertanyaan akan dijawab langsung oleh technical support Auto2000 Agus Mustafa.

Pria yang karib disapa `Pak Haji` ini sudah 26 tahun berkarir di Auto2000.  Saat ini ia berada di divisi National Technical Support Head Office.

Selama berkarir ia pernah menyabet juara 1 di ajang `National Toyota Technicians Skills Contest` dan menjadi wakil Toyota Indonesia di ajang 7th Asian Technicians  Skills Grand Prix di Roc, Taiwan.

Loading