Sukses

Yamaha Rilis Motor Laki di Bawah Rp 10 Juta

Di India, ada motor laki keluaran Yamaha yang dibanderol tak lebih dari Rp 10 juta.

Liputan6.com, Delhi - Di Indonesia, motor laki keluaran Yamaha bisa dibanderol lebih dari dua puluhan juta. Contohnya saja V-Ixion. Menurut laman dealer Yamaha Mustika Group, motor sport ini dibanderol dengan harga Rp 25 juta lebih.

Nah, di India, menariknya ada motor laki Yamaha yang harganya tak lebih dari Rp 10 jutaan. Ya, motor ini dinamakan Saluto RX. Harganya hanya 46.400 Rupee atau setara Rp 9,18 juta (Kurs: Rp 197/rupee).

Motor ini baru saja diluncurkan Kamis (14/4). Menurut laman India Today, motor ini hadir dengan empat warna: Matte Black, Breezy Blue, Inspiring Red, dan Gleaming Black.

Lantas, apa yang membuat harga motor inii relatif murah? Jika dilihat pada gambar, desain motor ini memang sederhana, apalagi jika dibanding dengan motor laki lain di Indonesia. Beberapa bagian pun termasuk `old school`.

Lihat saja joknya. Desainnya dibuat menyatu antara jok penumpang dan pengemudi, tetapi dengan bentuk yang rata. Ini tidak seperti jok motor laki di Indonesia yang biasanya dudukan penumpang lebih tinggi dibangin pengemudi.

Meski bagi kita desain motor laki ini relatif `jadul`, tapi di India, motor ini dibuat untuk segmen anak muda. "Peluncuran sepeda motor 110 cc ini adalah gambaran jelas tentang usaha Yamaha untuk memenuhi aspirasi anak muda India," ujar Masaki Asano, Managin Director Yamaha Motor India Sales. 

Hal mencolok lainnya adalah unsur keselamatan. Rem Saluto masih tromol. Ini salah satu faktor yang membuat harga motor ini rendah.

Dari segi mesin, Saluto RX `hanya` didukung oleh mesin 110 cc 4 tak, satu silinder, SOHC, berpendingin cairan. Meski demikian, mesin ini sangat hemat bahan bakar. Bayangkan, hanya dengan satu liter bensin, Saluto RX sudah bisa melaju hingga 82 km.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini