Sukses

Rossi Masih Kurang Nyaman dengan Motor Baru

Liputan6.com, Sepang - Valentino Rossi mengaku belum sepenuhnya nyaman dengan tunggangan anyarnya, Yamaha YZR-M1 spesifikasi 2016. Hal ini ia utarakan setelah melakukan uji coba di Sepang, Malaysia, Senin lalu (1/2/2016).

"Saat ini saya lebih memilih sepeda motor yang mirip dengan versi 2015, karena dengan yang ini (versi 2016) kami memiliki sesuatu yang baik tapi ada masalah pada pengereman," ujar Rossi, dikutip dari Motorsport, Kamis (4/2/2016).

Ia menambahkan, Yamaha sebetulnya ingin versi 2016 sedekat mungkin dengan 2015, termasuk soal ban. "Tapi sekarang Michelin melakukan sesuatu dan mungkin tidak kita inginkan. Inilah situasinya sekarang," ucap Rossi.

Rossi punya harapan agar motor ini semakin bertenaga. Meski demikian, pria asal Italia ini mengaku belum mengetahui persis berapa kecepatan maksimal yang bisa diperoleh motor balap ini. "Saya harap kami bisa meraih lebih banyak horsepower untuk kecepatan tertinggi," Rossi menambahkan.

Meski demikian, Rossi masih berharap performa kendaraan ini terus meningkat. Rossi mengaku tidak sabar mencoba YZR-M1 di Philip Island karena karakter trek yang berbeda. Ia berharap hasil yang bisa didapat lebih maksimal.

Di uji coba tersebut, Rossi hanya menduduki peringkat keenam. Hampir satu detik lebih lamban dibanding Danilo Petrucci dari tim Octo Pramac Yakhnich.

Menurut laman Yamaha Racing, generasi anyar YZR-M1 menggendong mesin empat silinder 1.000 cc dengan teknologi crossplane crankshaft, yang dikawinkan transmisi enam percepatan. Daya maksimal yang diproduksi mesin tersebut lebih dari 240 Tk.