Sukses

Mobil James Bond yang Cuma Ada 10 Unit Siap Dilelang

Liputan6.com, London - Aston Martin akan melelang satu unit tunggangan James Bond di film terakhirnya, Spectre, DB10. Pelelangan ini dilakukan dalam rangka perayaan rilis Spectre dalam format Blu-ray, DVD, dan Digital HD.

Dilaporkan Worldcarfans, mobil ini akan dilelang di Christie's Auction House, London, Inggris pada 18 Februari. Mobil yang dilelang ini sama dengan yang dipamerkan saat pemutaran premier film.

Mobil ini adalah salah satu seri DB paling langka. Pasalnya, DB10 hanya diproduksi 10 unit saja untuk kebutuhan film. Bukan hanya itu, inilah DB10 pertama yang dilelang di dunia, lengkap dengan tanda tangan sang aktor, Daniel Craig.  

Dijelaskan, DB10 dibangun dengan body serat karbon dan interior mewah dengan jok kulit, trim serat karbon, dan aksen aluminium. Di balik kap, DB10 menggendong mesin V8 4,7 liter yang dikawinkan dengan transmisi manual enam percepatan.

Mesin tersebut diperkirakan mampu membuat mobil yang disertifikasi oleh Aston Martin Works Assured Provenance ini melaju dengan kecepatan tertinggi 305 km/jam.

Sayangnya, mobil ini tidak akan diperbolehkan dikendarai di jalan umum. Pasalnya, sebagaimana ditulis CNN Oktober tahun lalu, Aston Martin tidak mengantongi sertifikat berkendara di jalan umum untuk DB10.

DB10 diprediksi terjual dengan harga lebih dari US$ 1,42 juta atau sekira Rp 19,7 miliar. Uang ini rencananya akan disumbangkan ke Médecins Sans Frontières, sebuah organisasi kemanusiaan yang bergerak di bidang medis.