Sukses

Jelas Sudah, Ini Fitur Andalan All New Fortuner

Liputan6.com, Jakarta - Entah disengaja atau tidak, informasi perihal all new Toyota Fortuner kembali terkuak di jagat maya. Kali ini giliran video paparan fitur-fitur yang ada diĀ  SUV tujuh penumpang itu tersiar. Video berdurasi 8 menit 2 detik itu menayangan penjelasan dari all new Fortuner yang dites di sirkuit.

Jelang debutnya pada 22 Januari, sejumlah informasi soal SUV anyar Toyota ini memang terus terkuak. Ada kesan, `oknum` pabrikan Jepang itu sengaja. Sehingga peluncurannya nanti hanya sekadar seremonial saja.

Nah, video tersebut juga mengamini informasi yang diwartakan Liputan6.com sebelumnya. Di mana, Toyota melakukan perubahan penamaan pada tipe tertinggi Fortuner baru. Tipe VRZ dan SRZ menjadi model tertinggi dan menggantikan TRD. Begitu pula tipe G LUX (bensin 4x2) dan V (bensin 4x4) yang tak lagi dipasarkan.

All new Fortuner Masih mempertahankan konfigurasi suspensi double wishbone dengan koil spring & stabilizer di depan dan 4-Link dengan lateral rod.

Melihat dimensinya, SUV tiga baris kursi ini tambah panjang 90 mm dan lebar 5 mm. Sedangkan tinggi dan whellbasenya menyusut masing-masing -15 mm dan -5 mm.



Nah, akan ada dua opsi mesin yang tersedia, bensin 2,7 liter Dual VVTi dan Diesel 2,4 Liter VNT. Untuk yang bensin, mesinnya menjanjikan tenaga 160 Tk pada 3.400 rpm dan torsi 242 Nm pada 4.000 rpm. Sedangkan Dieselnya, bertenaga 147 Tk pada 3.400 rpm dan torsi 400 Nm pada rentang 1.600-2.000 rpm.

Tenaga pada mesin Diesel mengalami peningkatan dari 142 Tk menjadi 147 Tk. Begitu pula torsinya yang naik dari 343 Nm ke 400 Nm. Pun demikian dengan mesin bensinnya, yang tenaganya naik 2,9 Tk.

Sementara fitur keselamatanya, mobil bongsor ini dibekali vehicle stability control (VSC), hill assist control (HAC), electronic braking system (EBS), active traction control (A-TRC), tujuh airbag, dan easy 4x4 switch.