Sukses

Mobil Berubah Warna karena Suhu, Cat Ini Dipatok Rp 45 Juta

Modifikasi mobil kini semakin menyuguhkan beragam kreasi, salah satu contoh adalah cat thermochromic

Liputan6.com, Jakarta - Modifikasi mobil kini semakin menyuguhkan beragam kreasi, salah satu contoh adalah cat thermochromic yang digarap oleh bengkel Platinum Motorsport. Keunikan pada modifikasi ini adalah cat yang bisa ganti warna karena terkena ubahan suhu.

"Mobilnya pernah diajak jalan waktu hujan dan efeknya seperti cat yang luntur. Waktu itu kap kena panas mesin dan catnya berubah warna tersiram air hujan yang dingin, dikira orang di sekitarnya hujan itu cairan tak wajar," terang Iksan Talib, bos Platinum Motorsport kepada Liputan6.com, Selasa (15/12/2015).

Dijelaskan Iksan, ide awal berkreasi dengan cat unik ini adalah ingin mencari tantangan baru dalam modifikasi mobil. Ia mengklaim jika baru bengkelnya yang sukses mengaplikasikan cat thermochromic yang didatangkan langsung dari Kanada.

"Orang lain yang mencoba sudah ada, tapi baru kami yang berhasil di mobil. Cat ini sudah banyak yang pakai tapi di Tamiya," tambah pemilik bengkel yang berlokasi di Jalan Cipinang Muara 1 Nomor 49 A, Jakarta Timur.

Untuk proses modifikasi ini, kesulitan yang dialami adalah ketika proses pengecatan di mana cairan cat kondisinya harus dingin. Iksan mengaku jika cairan cat harus keluar-masuk kulkas agar semprotan cat tertutup sempurna.

"Kami nyemprot dalam keadaan cat masih dingin. Cat buru-buru dituangkan di spray gun, saat sudah panas langsung dimasukkan kulkas lagi," sambungnya.

Pemilik mobil yang ingin merasakan cat mobilnya 'luntur', maka harus menyiapkan dana sebesar Rp 45-50 juta. Di Platinum Motorsport menyediakan lima pilihan warna ubahan yakni hitam, putih, merah, biru, dan ungu.

"Harga ini termasuk repaint. Pilihan warna dasar catnya bebas sesuai kemauan dari customer," tuntasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini