Sukses

5 SUV Terlaris di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - SUV (Sport Utility Vehicle) menjadi salah satu segmen yang paling ketat persaingannya. Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sejak Januari hingga Oktober lalu, wholesale SUV mencapai 109.194 unit.

Tentu, angka sebesar itu sudah termasuk wholesale untuk low SUV, misalnya Toyota Rush dan Daihatsu Terios. Bahkan, segmen ini memiliki kontribusi paling besar terhadap penjualan mobil jenis SUV.

Lalu, mobil apa saja yang paling laris? Berikut Liputan6.com uraikan lima model teratas bila dilihat dari data wholesale:

Honda CR-V

Honda CR-V telah memasuki generasi keempat, sejak pertama kali diperkenalkan pada 1996. Sebuah bukti bahwa mobil ini tergolong produk yang laris di pasaran.

Sampai dengan Oktober, Honda CR-V terjual sebanyak 8.912 unit. Dari jumlah tersebut, angka penjualan tertinggi ada di bulan Februari, yaitu sebanyak 1.399 unit. Sementara angka penjualan terendah ada di bulan Juli, yaitu 373 unit.


2 dari 3 halaman

Next

Toyota Fortuner

Toyota Fortuner mulai dipasarkan sejak 2005 sampai sekarang. Awalnya, mobil ini dirakit di Thailand dan diimpor secara utuh, sampai pada 2007 mobil ini mulai dirakit dalam bentuk terurai (CKD) oleh pabrik Toyota di Karawang.

Sampai Oktober 2015, Fortuner terjual sebanyak 9.570 unit. Mobil ini pernah mencatatkan penjualan sebanyak 1.329 unit di bulan Juni, dan hanya 702 unit pada Maret lalu.

Daihatsu Terios

Daihatsu Terios pertama kali diproduksi pada 2006. Di Indonesia, tidak semua varian Terios tersedia dengan fitur ABS, airbag, dan sistem menggerak 4WD. Meski demikian, hal ini tidak lantas membuat penjualan model ini rendah.

Tercatat, hingga Oktober lalu, Terios telah terjual sebanyak 11.374 unit. Mobil ini selalu terjual di atas 1.000 unit tiap bulannya sejak Maret hingga Juli, dengan angka tertinggi pada April, yaitu 1.860 unit.


3 dari 3 halaman

Next

Toyota Rush

Beberapa minggu yang lalu, Toyota Rush mendapat angka tingkat keselamatan yang nyaris sempurna dari ASEAN Global New Car Assesment Program (ASEAN NCAP). Mereka mendapatkan bintang 4 dari maksimal 5.

Mungkin itulah salah satu sebab mengapa model ini digandrungi masyarakat. Data berbicara, Rush terjual sebanyak 21.254 unit. Sepanjang 10 bulan kecuali Februari, angka penjualan LSUV ini selalu lebih dari 1.000 unit, dengan penjualan terbanyak terjadi pada April, 3.068 unit.

Honda HR-V

Inilah jawara kita. Terbilang baru karena mulai rilis pada 2014 tak lantas membuat model ini penjualannya kecil.

Data Gaikindo, sepanjang 10 bulan, HR-V terjual sebanyak 24.732 unit. Penjualan terbesar terjadi pada Maret, yaitu sebanyak 4.815 unit. Sementara yang terendah terjadi pada Juli 1.502 unit. Hadirnya HR-V membuat Honda menguasai penjualan di kelas LSUV.