Sukses

Diklaim Jadi Toyota Avanza Pertama yang Pakai BBG, Ini Sosoknya

Avanza ini mengadopsi sistem hibrida dimana bisa menggunakan bensin dan gas CNG secara bergantian.

Liputan6.com, Jakarta - Toyota Avanza diluncurkan dengan hanya pilihan bahan bakar bensin. Namun demikian, khusus Avanza G milik perusahaan bernama Jilbert Kreasindo Kurnia telah menggunakan bahan bakar gas (BBG).

"Kami ingin memberi contoh agar ke depannya mobil pakai gas. Ini juga sesuai dengan anjuran pemerintah yang mengimbau pemilik mobil beralih ke gas," ujar Virdan Junar, karyawan perusahaan yang bergerak di bidang komponen mobil tersebut saat berbincang dengan Liputan6.com, Rabu (2/12/2015).

Lebih lanjut, Virdan menjelaskan jika Avanza ini mengadopsi sistem hibrida di mana bisa menggunakan bensin dan gas CNG secara bergantian. Pengguna tinggal beralih menggunakan bensin atau CNG sesuai kebutuhan hanya dengan memencet switch yang tersedia.

"Jika keluar kota pakai mobil ini saya biasanya pakai premium. Ketika mobil ini sedang di Jakarta atau beberapa kota yang terdapat pengisian BBG maka untuk bahan bakarnya saya gunakan CNG," sambungnya.

Ia mengklaim jika mobil ini menjadi Avanza pertama yang mengunakan BBG. Adapun kekurangannya hanya posisi tangki CNG yang cukup besar.

"Ini karena ukurannya besar, jadi sengaja ditaruh di belakang. Mau tidak mau kursi belakang yang jadi korban. Ke depannya, kami juga sedang merancang tangki bawah," tuntasnya.

(ysp/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.