Sukses

Valentino Rossi Habis Masanya, Yamaha Ciptakan Robot Pengganti

Liputan6.com, Tokyo - Valentino Rossi menjadi pebalap andalan Yamaha saat ini. Banyak gelar yang berhasil disabet pria berdarah Italia ini selama berkarir di dunia balap.

Meski jasa Rossi mampu mendongkrak citra Yamaha di balap, pabrikan nampaknya tak mau puas. Mereka pun menggarap sebuah proyek robot yang bakal menggantikan riders di masa mendatang. Benarkah?

Memang, ini baru pada masa pengembangan Yamaha untuk menciptakan robot yang bisa mengendalikan motor sport. Robot bernama MOTOBOT ini merupakan versi 1.

MOTOBOT Ver.1 ini merupakan robot menyerupai manusia yang bisa mengendarai sepeda motor. Tim riset dan pengembangan Yamaha mengklaim bahwa robot ini sukses melakoni serangkaian uji coba.

Hebatnya, robot bisa berkendara di sirkuit dengan kecepatan lebih dari 200 km/jam. Dikatakan, untuk membuat MOTOBOT bisa mengendalikan gerakan secara kompleks, Yamaha menggunakan sistem kontrol dengan tingkat akurasi tinggi.

"Kami ingin menerapkan teknologi dan pengetahuan yang diperoleh untuk diterapkan dalam bisnis kami dan bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan aspek keselamatan dan dukungan ke pengendara," terang Yamaha.

Lalu, apakah di masa depan akan ada balap motor yang melibatkan robot-robot ciptaan pabrikan roda dua?

(gst/sts)

Loading