Sukses

Diisi Pertalite, Mesin Honda Tetap Aman

Pengaruh jika diisi BBM dengan RON di bawah 92 adalah performa yang menurun.

Liputan6.com, Jakarta - PT Astra Honda Motor resmi meluncurkan All New Honda CB150R Streetfire dan New Honda Sonic 150R. Keduanya hadir dengan mesin 150 cc yang memiliki kompresi 11,3:1.

Menurut aturan, kompresi mesin ini dianjurkan menggunakan BBM dengan oktan 92 ke atas untuk menjaga performa. Selain itu, penggunaan BBM sesuai dengan kebutuhan kompresi  menjaga mesin dalam jangka panjang.

Namun demikian, Johannes Loman selaku Executive Vice President AHM mengatakan jika dua model ini aman saat diisi Pertalite atau Premium yang memiliki RON di bawah 92.

"Pengaruhnya jika diisi BBM dengan oktan di bawah Pertamax hanya pada performa mesin yang menurun dari yang semestinya," ungkap Loman usai peluncuran, Rabu (5/8/2015).

Lebih lanjut, ia mengklaim jika penggunaan BBM dengan oktan di bawah 92 tidak akan mempengaruhi daya tahan mesin sepeda motor Honda. Mesin tetap aman sekalipun diisi BBM dengan RON dibawah 92.

"Menggunakan BBM di bawah Pertamax tidak berpengaruh pada durabilitas mesin dalam jangka panjang," pungkasnya.

(ysp/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini