Sukses

Mobil Baru Malaysia Coba Peruntungan di Indonesia

Pabrikan yang bermarkas di Negeri Jiran ini bakal mendatangkan sebuah model city car anyarnya ke Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Nasib pabrikan mobil asal negeri tetangga yang satu ini bisa dibilang kurang mujur. Hingga Mei, Proton hanya mencapai 119 unit. Bahkan pada bulan lalu, pabrikan tersebut cuma mampu melego 6 unit mobil.

Untuk menghadapi pasar mobil Indonesia yang tak kunjung baik, Proton harus punya cara agar membuat merek mobilnya kembali dilirik konsumen.

Kabarnya, pabrikan yang bermarkas di negeri jiran ini bakal mendatangkan sebuah model city car anyarnya ke Indonesia.

Adalah Iriz, sebuah model yang dipersiapkan untuk bertarung dengan Toyota Etios Valco, Mitsubishi Mirage, dan sederet city car (Segmen A) lainnya.

Jejak hadirnya Proton Iriz pun telah terekam melalui situs pendaftaran TPT Kemenperin. Setidaknya, Proton mengajukan dua tipe, Iriz Executive 1,3 liter dengan transmisi manual dan CVT. Di Malaysia, Proton Iriz memiliki dua pilihan mesin, 1,3 liter dan 1,6 liter.

Foto: Proton

Untuk mesin 1,3 liternya, mampu memproduksi tenaga 93 Tk pada 5.750 rpm dan torsi 120 Nm pada 4.000 rpm.

Mobil berkonfigurasi lima kursi penumpang ini dibekali dengan fitur keselamatan yang cukup lengkap, termasuk ABS with EBD, Brake Assist (BA), Electronic Stability Control (ESC), Traction Control (TC), Hill-Hold Assistent, dual SRS Airbag with Dual Seat Belt Pre-tensioner.
Foto: Proton

Yang perlu jadi catatan, Proton Iriz sudah mendapat 5-Star ASEAN NCAP. Menurut sumber Liputan6.com, Proton Iriz kemungkinan diniagakan pada Oktober ini. Jadi, patut ditunggu.

(gst/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini