Sukses

Honda Tantang Porsche dan Ferrari

Honda berambisi untuk ikut bersaing dengan produsen mobil sport mapan seperti Porsche dan Ferrari.

Liputan6.com, Ohio - Beberapa merek yang sudah mapan dikenal sebagai produsen performance car adalah Porsche, Ferrari, dan Lamborghini. Menariknya, dengan Civic Type R dan NSX, Honda seakan ingin menggedor kemapanan tersebut.

Menariknya, Civic Type R dan NSX barulah permulaan untuk merevitalisasi nama Honda sebagai produsen mobil sport. Dilaporkan, Honda sedang membangun mobil sport bermesin tengah baru untuk melanjutkan proyek ini. 

"Honda tidak hanya memperdebatkan kelangsungan hidup model mid-engine, tetapi juga sudah mulai membangunnya," kata orang dalam Honda sebagaimana yang dikutip dari Auto Express pada Rabu (17/6/2015).

Honda berencana untuk merakit mobil sport ini di pabrik mereka di kota Ohio, Amerika Serikat (AS). Mesin mobil dikabarkan akan berada di antara NSX dan S660 mini-roadster serta lebih kuat dibanding Honda S1000 yang dijual di Eropa.

Menurut sumber yang sama, model ini akan didukung oleh mesin 2,0 liter turbocharged VTEC empat silinder yang keluarkan tenaga 334 Tk. Sebagaimana NSX, tiga motor listrik akan melengkapi mesin utama sehingga tenaga yang dikeluarkan akan bertambah menjadi 405 Tk.

Model ini akan dibangun dengan panel serat karbon yang diperkuat plastik (carbon fibre reinforced plastic/CFRP) untuk menjaga berat mobil tidak di atas 1.400 kg.

Meskipun tidak ada masalah, mobil sport baru ini baru akan diluncurkan tiga tahun lagi. Mobil ini diprediksi akan menjadi penantang serius Supra, mobil sport hasil kreasi Toyota yang bekerja sama dengan BMW yang juga akan rilis di tahun itu.

(rio/sts/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.