Sukses

Tiga Vespa Ini Paling Sulit Dicari di Indonesia

Tiga model tersebut adalah Vespa GS VS , Vespa SS90, dan Vespa VB1.

Liputan6.com, Jakarta - Suara bising menjadi satu dari sekian ciri khas dari motor berjenis skuter asal Italia ini. Ya, Vespa bisa dibilang begitu dicinta. Meski Vespa telah bertransformasi menjadi kendaraan modern dengan mesin yang lebih efisien dan ramah lingkungan, nyatanya masih banyak yang memburu sejumlah model klasik nan langka untuk sekadar penuhi hasrat.

Di Indonesia sendiri, ada tiga model yang bisa dibilang sebagai barang langka. Dody Awwalul Fadhly, seorang pecinta Vespa menurutkan, tiga model tersebut adalah Vespa GS VS , Vespa SS90, dan Vespa VB1.

Pecinta Vespa Klasik

-- Vespa GS

Pria yang berdomisili di Podok Gede, Bekasi ini menguraikan bahwa model Vespa GS (Grand Sport) bisa dikatakan menjadi salah satu collector item. "Ini karena kelangkaannya maupun dari bentuk fisiknya yang agak berbeda dari tipe Vespa lainnya," jelas Dody kepada Liputan6.com.

Vespa GS

"Vespa GS hadir dalam dua tipe, yakni GS VS dan GS MK. Di mana, GS VS mengusung mesin 150 cc dan GS MK 160 cc," sambung dia. Dua model itu pun punya karakteristik untuk urusan warna, di ama Vespa GS hanya tersedia dalam warna silver, sementara GS MK berkelir putih.

>>>Klik laman berikutnya

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Next

-- Vespa SS90

"Vespa ini bisa dibilang the worlds most expensive scooter," jawab Dody ketika ditanya soal Vespa SS90.

Ya, Dody menuturkan bahwa model yang satu ini tak kalah istimewa dengan Vespa GS. Sejarah mencatat, skuter ikonik ini populasinya tak lebih dari 5.309 unit. Terlebih lagi, bentuk body-nya yang kecil juga ramping.

Dari sisi desain, SS90 menganut stang sport, roda cadangan yang terdapat di sela-sela kaki dengan tangki sebagai bantalan untuk mendapatkan posisi duduk yang pas ketika ingin berakselerasi.

Menyoal jantung pacu, Vespa SS90 disuntik mesin berkubikasi 88,5 cc yang mampu memproduksi 6 daya kuda (dk) pada 6.000 rpm. Motor ini hadir dengan dua versi 50 dan 125.

>>>Klik laman berikutnya

3 dari 3 halaman

Next

-- Vespa VB1

Nah, ketika menyebut model ketiga, yakni Vespa VB1, Dody menyebut bahwa motor ini bisa dibilang sangat mencirikan pabrikan asal Italia itu. Di mana bentuk body-nya yang bulat.

"Seperti Vespa klasik pada umumnya, tipe ini sangat menjadi incaran di kalangan kolektor karena memang terhitung langka," tutur penggila Vespa Sprint 150 ini.

Vespa VB1 hadir dengan mesin berkubikasi 145.45 cc dengan kompresi mesin 6.3:1. Motor bisa digeber dengan kecepatan maksimum 80 km/jam dan terbilang irit dengan konsumsi 2,2 liter untuk jarak 100 km.

(gst/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.