Sukses

Inikah Mobil Listrik Yamaha?

Selain memproduksi sepeda motor Yamaha mengonfirmasi akan menyediakan mobil yang dilepas pada 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Yamaha mengonfirmasi bahwa mobil berlambang garpu tala mulai dipasarkan pada 2019. Sebagai pabrikan yang telah lama dikenal pembuat roda dua, lantas apa yang bakal ditonjolkan mobil Yamaha agar bisa bersaing.

Memang, sejauh ini Yamaha baru mengungkap tanggal pasti penjualan mobil besutannya. Sementara untuk model, belum ada informasi lebih jauh.

Namun, bila mengutip pernyataan Presiden Yamaha Motor Company Hiroyuki Yanagi, mobil kemungkinan akan bermain di kelas kompak dan dikemas dengan motor listrik dan bensin.

Mobil kompak Yamaha, yang menyerupai Smart yang dipasarkan Mercedes Benz, pernah dipamerkan di ajang Tokyo Motor Show edisi 2013 dalam bentuk konsep.

Di hajatan otomotif itu, Yamaha memperlihatkan sebuah model yang dinamai MOTIV.e. Mobil itu tersedia dengan berbagai pilihan penggerak, termasuk versi elektrik. Di mana, spesialis pemasok penggerak elektrik Zytek dipercaya untuk menyuplai kebutuhan motor penggerak untuk proyek ini.

Mobil Yamaha
(Motor listrik Zyrek yang dibenamkan pada mobil Yamaha)

Dikatakan, motor listrik yang dibenamkan pada MOTIV.e memiliki daya 25 kW dengan 15.000 rpm. Motor ini sengaja dirancang untuk memangkas biaya, bobot juga ukuran mesin sehingga jantung mekanis ini hanya memiliki bobot 13 kg, sementara transmisinya 11 kg dan inverter 7,5 kg.

>>klik laman berikutnya

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Next

"Yamaha menginkan sebuah kendaraan yang merefleksikan reputasi perusahaan untuk mesin berperforma," turut Marketing Director Zytek Steve Tremble.

Mobil Yamaha

Kemudian untuk rangka, Yamaha berkolaborasi dengan Gordon Murray Design untuk membuat konstruksi yang dinamakan iStream. Rangka ini menggunakan panel komposit yang dibentuk monokok.

(gst/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.